Kamis, 25 April 2024

Siklon Tropis Kenanga Sebabkan Gelombang Tinggi di Sebagian Perairan Indonesia

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Pencitraan pergerakan Siklon Tropis Kenanga dari citra satelit. Foto: BMKG

Siklon Tropis Kenanga yang terbentuk di Samudera Hindia, tepatnya sebelah barat daya Bengkulu pada 15 Desember 2018 pukul 19.00 WIB memicu gelombang tinggi di sebagian wilayah perairan di Indonesia.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui edaran persnya pada Senin (17/12/2018) menyatakan, siklon tropis berkekuatan 50 knots atau 95 km/jam ini terus bergerak menjauhi Indonesia dengan kecepatan 13 km perjam ke arah barat daya.

Gelombang laut setinggi 1,25 sampai 2,5 meter diprakirakan berada di Perairan Barat P. Simeulue hingga Kepulauan Nias, Perairan Barat Lampung, Samudera Hindia barat Aceh, serta Perairan Selatan Jawa Barat hingga Sumbawa.

Sedangkan tinggi gelombang 2,5 sampai 4 meter berpeluang terjadi di Perairan Utara Sabang, Perairan Barat Kepulauan Mentawai, Perairan Enggano – Bengkulu, Perairan Barat Lampung, Samudera Hindia Barat Kepulauan Mentawai hingga Lampung, Selat Sunda bagian Selatan, Perairan Selatan Banten hingga Jawa Barat, Samudera Hindia selatan Banten hingga Jawa Barat.

Diprakirakan pada 18 sampai 19 Desember tinggi gelombang sudah menurun. Dan pada 19 Desember pengaruh Siklon Tropis Kenanga terhadap tinggi gelombang di wilayah Perairan Indonesia tidak lagi signifikan.

Sementara, BMKG juga menyatakan bahwa Siklon Tropis Kenanga kurang berpengaruh signifikan pada cuaca di Indonesia.(dim/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
28o
Kurs