Minggu, 2 Juni 2024

Siswa SMP di Surabaya Ini Menangi Kejuaraan Robot Internasional

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Rayhan (tengah) siswa SMPN 1 Surabaya memenangi kejuaraan robot Internasional di Filipina setelah menyisihkan 300 peserta. Foto: Istimewa

Rayhan Maheswara Rajendralail siswa SMP Negeri 1 Surabaya ini baru saja memenangi kejuaraan robot Internasional di Filipina. Rayhan meraih Juara 1 setelah bersaing dengan 300 peserta, dan berhasil mengalahkan Thailand di laga final World Robot Games (WRG) pada 26 Oktober 2018.

Putra pasangan Febry Monhasto Yuwono dan Hani Setyawardani yang tinggal di Pakis Tirtosari Surabaya ini sudah menggemari “utak-atik” robot sejak Sekolah Dasar (SD). Didukung kedua orang tuanya, Rayhan sudah beberapa kali memenangi kompetisi robot dari tingkat lokal, nasional, dan internasional. Saat akan berkompetisi di Filipina tersebut, ia hanya sempat mempersiapkan diri kurang dari satu minggu. Pasalnya saat itu, ia harus mengikuti Penilaian Tengah Semester (PTS) di sekolahnya.

Perjalanan ke kompetisi robot internasional di Filipina pun tak mudah. Ia harus berangkat dini hari meninggalkan kedua orang tuanya hanya bersama seorang pelatih. Tiba di Ninoy Aquino Internasional Airport, Filipina, ia masih harus tertahan imigrasi karena umurnya yang masih kecil dan tidak didampingi orang tuanya. Selama di Filipina, ia juga hanya makan mie instan, karena kesulitan mencari makanan halal.


Rayhan menunjukkan medali dan piala setelah berhasil meraih Juara Pertama World Robot Games 2018. Foto: Istimewa

Keterangan tertulis yang diterima suarasurabaya.net, ketika lomba, Rayhan juga harus dikejutkan dengan durasi lomba yang berturut-turut selama tujuh babak. Ketakutannya pada kondisi baterai robot pun menjadi kenyataan. Di 16 besar di partai awal, ia harus terhenti. Namun, dengan semangat dari keluarganya melalui media sosial, ia berusaha memperbaiki strategi dan kelemahannya.

Doa, dukungan, dan semangat yang terus mengalir, akhirnya membuahkan hasil. Rayhan akhirnya meraih juara pada kategori SUMO RC Junior 5 Kg dari 300 peserta dari 7 negara (Thailand, Malaysia, RRC, Singapura, Filipina, Taiwan, dan Indonesia).

Rayhan yang masih berusia 13 tahun ini juga satu-satunya peserta dari Indonesia di perlombaan itu. Siswa kelas 7 SMPN 1 Surabaya ini berhasil membawa bendera Merah Putih naik podium juara dan mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. (bas/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Minggu, 2 Juni 2024
30o
Kurs