Jumat, 10 Mei 2024

Soekarwo Terbang ke Sapudi Pascagempa di Jawa Timur

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Soekarwo Gubernur Jatim saat ini, Kamis (11/10/2018), bersiap terbang menggunakan helikopter dari Polda Jatim menuju Pulau Sapudi, Kabupaten Sumenep, Madura, untuk meninjau langsung lokasi gempa. Foto: Humas Pemprov Jatim

Soekarwo Gubernur Jatim saat ini, Kamis (11/10/2018), sedang bersiap terbang menggunakan helikopter dari Polda Jatim menuju Pulau Sapudi, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur untuk meninjau langsung lokasi terdampak gempa.

Sebelumnya, pada pukul 07.00 WIB, Soekarwo menggelar rapat terbatas dan memanggil enam pejabat ke Kantor Gubernur. Enam pejabat tersebut yaitu Heru Tjahjono Sekdaprov Jatim, Sukesi Kadinsos Jatim, Suban Wahyudiono Kepala Pelaksana BPBD Jatim, Aries Agung Paewai Kepala Biro Humas dan Protokol, dan Jumadi Kepala BPKAD.

Pada rapat ini juga diputuskan, Pemprov Jatim akan mengerahkan tim lengkap dan langsung berangkat ke lokasi terdampak untuk melakukan rehabilitasi.

Setelah rapat terbatas itu, berdasarkan keterangan dari Aries Agung Kabiro Humas dan Protokol Pemprov Jatim, Soekarwo akan langsung berangkat dengan Kapolda dan Pangdam ke lokasi bencana di pulau Sapudi, Kabupaten Sumenep, Madura.

Pada rapat terbatas tersebut, ada beberapa kebijakan yang disepakati, diantaranya perbaikan rumah rusak akibat gempa. Perbaikan tersebut dilakukan dengan bekerja sama dengan Kodam. Selain itu juga penanganan serius korban luka oleh dokter, dan pemberian santunan awal sebesar Rp5 juta pada korban meninggal. Ia juga menginstruksikan untuk mendata jumlah rumah rusak, termasuk korban luka dan meninggal.

Gempa bumi sudah mengguncang beberapa wilayah di Jawa Timur, Kamis (11/10/2018) pada pukul 01.44 WIB dini hari tadi. Data sementara menyebut, tiga orang meninggal dunia dan beberapa rumah mengalami kerusakan.

Pulau Sapudi yang berada di dua kecamatan, yaitu Kecamatan Gayam dan Kecamatam Nonggunong, di Sumenep, Madura menjadi lokasi terdampak paling parah.(bas/tin/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 10 Mei 2024
29o
Kurs