Sabtu, 27 April 2024

Stikom Surabaya Gelar Upacara HUT RI Wajib Kenakan Pakaian Adat

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Pakaian adat sejumlah daerah dikenakan peserta upacara di kampus Stikom Surabaya. Foto: Humas Stikom Surabaya

Segenap civitas academica kampus Stikom Surabaya, kenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia, Jumat (17/8/2018) dalam memperingati HUT ke 73 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

Peringatan bertajuk: Kerja Kita Prestasi Bangsa diharapkan dapat membangkitkan semangat civitas academica Stikom Surabaya untuk menyemarakkan hari kemerdekaan yang ke 73 tahun ini dengan terus menerus mengisinya dengan berbagai hal positif.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumya, pada upacara yang digelar di halaman kampus ini, seluruh civitas academica berkumpul bersama, dalam kostum kedaerahan, atau baju adat daerah, serta baju pejuang kemerdekaan, tanpa membedakan latar belakang masing-masing.

Mahasiswa, dosen serta karyawan Stikom Surabaya berbaur menjadi satu pada upacara memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia. “Penggunaan pakaian adat ini sengaja kami lakukan sebagai bentuk penghargaan pada keberagaman suku dan budaya Indonesia,” terang Gabby humas Stikom Surabaya.

Sedangkan baju pejuang, lanjut Gabby ditujukan untuk memberikan penghargaan sekaligus mengenang jasa-jasa perjuangan para pahlawan untuk merebut kemerdekaan Indonesia ketika itu.

“Keberadaan negeri ini, tidak bisa dilepaskan dari jasa-jasa para pahlawan, jasa-jasa para pejuang pendahulu yang merebut kemerdakaan dari penjajah. Oleh karena itu, peserta upacara juga mengenakan pakaian pejuang,” tambah Gabby.

Kegiatan upacara dengan mengenakan pakaian adat daerah-daerah serta pejuang ini juga sebagai implementasi dari nilai-nilai luhur tentang NKRI dilingkungan kampus.

Untuk memberikan semangat pada para mahasiswa memperingati HUT ke 73 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, juga digelar lomba foto kostum bertema: Ini Indonesiaku, yang wajib diupload di medsos, juga boleh diikuti segenap karyawan.(tok)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
32o
Kurs