Sabtu, 4 Mei 2024

Sujud Syukur di Pesawat, Presiden Tinggalkan Kabul dengan Selamat

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan
Hujan yang mengguyur Jakarta menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana bersama rombongan tiba di Tanah Air. Foto: Setpres

Hujan yang mengguyur Jakarta menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana bersama rombongan tiba di Tanah Air usai lawatannya ke lima negara yakni Sri Lanka, India, Pakistan, Bangladesh dan Afghanistan.

Tiba sekira pukul 05.20 WIB di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta pada Selasa (30/1/2018), Presiden dan Ibu Iriana disambut oleh Luhut Binsar Panjaitan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Pratikno Menteri Sekretaris Negara, Moeldoko Kepala Staf Kepresidenan, Marsekal Hadi Tjahjanto Panglima TNI, Jenderal Polisi Tito Karnavian Kapolri, Jenderal TNI Mulyono Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Laksamana TNI Ade Supandi Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL), Marsekal TNI Yuyu Sutisna Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) dan Anies Baswedan Gubernur DKI Jakarta.

Sebelumnya, Presiden beserta rombongan lepas landas dari Bandar Udara Internasional Hamid Karzai di Kabul, Afghanistan, Senin (29/1/2018) pukul 17.25 Waktu Setempat (WS) atau 20.05 WIB dan singgah di Bandar Udara Internasional Hazrat Shahjalal di Dhaka, Bangladesh untuk pengisian bahan bakar.

Dalam lawatan kali ini, Presiden melakukan kunjungan kenegaraan ke empat negara yaitu Sri Lanka, Pakistan, Bangladesh dan Afghanistan. Sementara di India, Presiden menghadiri KTT ASEAN-India.

Saat bertemu masyarakat Indonesia di Pakistan, Presiden menyampaikan alasannya berkunjung ke negara-negara di Asia Selatan.

“Kita ingin memberikan sebuah keseimbangan, sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia mestinya kawasan di Timur Tengah, kawasan di sini, mendapatkan perhatian yang khusus,” ucap Presiden saat itu.

Bey Majmudin Deputi Protokol, Pers Media Sekretatiat Presiden mengatakan, ada yang menarik dalam penerbangan ketika pesawat kepresiden tinggal landas meninggalkan Kabul.

Retno Marsudi diikuti beberapa anggota Paspampres melakukan sujud syukur karena meninggalkan Afganistan negara yang penuh konflik dengan selamat. (jos/dwi/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
28o
Kurs