Minggu, 28 April 2024

Super Blue Blood Moon yang Tak Biru atau Pun Berdarah

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi. Foto: ABC News

Fenomena gerhana bulan yang terjadi bersamaan dengan supermoon dan blue moon, akan terlihat di seluruh wilayah Indonesia pada Rabu (31/1/2018), pukul 18.48 WIB sampai dengan pukul 22.11 WIB.

Supermoon terjadi saat bulan berada di titik terdekat dengan bumi. Sedangkan blue moon adalah istilah untuk purnama kedua yang terjadi di bulan Januari 2018.

Thomas Djamaluddin Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) mengatakan, pada Rabu malam, bulan akan tampak lebih besar dari purnama biasanya dan terlihat merah seperti darah (blood moon) karena terjadi gerhana bulan.

“Publik menganggap fenomena ini berbeda, tapi secara astronomis gerhana bulan pada saat bulan di titik terdekat dengan bumi ini fenomena biasa. Ini menjadi luar biasa karena media massa menamakannya ‘super blue blood moon’ karena bulan purnama yang kedua ini akan tampak lebih besar dan berwarna merah,” ujar Thomas.

Gerhana bulan akan mulai terjadi pada pukul 18.48 WIB dimulai dari sisi bawah atau sisi timur purnama yang tergelapi. Kemudian totalitas akan terjadi pada pukul 19.52 WIB.

Pada saat itu, lanjutnya, bulan tidak akan gelap total karena masih ada cahaya matahari yang dipantulkan atau dibiaskan oleh atmosfer bumi. Warna merah matahari akan diteruskan, membuat warna bulan menjadi merah seperti daerah.

Totalitas gerhana bulan akan terjadi sampai pukul 21.08 WIB. “Jadi totalitasnya terjadi sekitar satu jam,” ujar dia.

Fase gerhana bulan sebagian akan terjadi lagi, di mulai dari sisi kanan bawah dan purnama mulai kembali tersibak. Fase tersebut akan selesai pukul 22.11 WIB.

Fase gerhana ini aman untuk dilihat dengan mata telanjang sama seperti saat melihat bulan purnama, sehingga tidak perlu menggunakan alat khusus. Dengan binokuler atau teleskop tentu akan bisa melihat gerhana secara lebih detil, bagian kawah-kawah di bulan dan pergeseran gelap di purnama tersebut. (iss/ipg)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
29o
Kurs