Rabu, 17 April 2024

Surabaya Akan Punya Jembatan Joyoboyo Baru

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya di ruang kerjanya, Senin (4/6/2018). Foto: Abidin suarasurabaya.net

Pemerintah Kota Surabaya berencana membangun jembatan baru di Joyoboyo. Jembatan ini dibangun untuk menyambung frontage road dan membantu aksesibilitas ke dalam Kota Surabaya.

Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya mengatakan, proyek jembatan Joyoboyo ini dianggarkan Rp65 miliar dari dana APBD. Proyek ini dikerjakan dalam waktu dua tahun yakni 2019-2020.

“Kami memakai uang APBD. Jembatan ini akan membantu mengurai kemacetan akses masuk kota. Jembatan ini kelanjutan frontage road, pembebasan tanah akan banyak sekali,” ujarnya di ruang kerja Walikota, Senin (4/6/2018).

Risma mengatakan, jembatan Joyoboyo baru ini memiliki panjang 175 meter dan lebar 19, 5 meter. Jembatan ini menggunakan teknologi beda dari jembatan yang sudah dibangun Pemkot sebelumnya. Jembatan ini menggunakan penahan kabel seling yang berjajar rapi mirip jembatan Suramadu.

“Di jembatan juga kami pasang ukiran diorama tentang Surabaya dan akan kami bangun air mancur dan taman di dekat jembatan,” katanya.

Risma mengatakan, jembatan ini membentang dari Pulo Wonokromo sampai Jalan Joyoboyo tepatnya depan Sekolah Santo Yoseph. Sehingga, kalau dari selatan ada bus atau trem tidak perlu masuk lewat jembatan lama atau kota.

Tapi cukup lewat jembatan baru. Jadi sebelum Jalan Pulo Wonokromo sudah naik. Dari selatan ada bus atau trem bisa langsung ke terminal. Jadi tidak ganggu jalur utama kota,” katanya. (bid/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 17 April 2024
27o
Kurs