Sabtu, 4 Mei 2024

Surabaya Tuan Rumah Festival Kesenian Indonesia 2018

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Penampilan seni reog dari Ponorogo. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Pementasan Festival Kesenian Indonesia (FKI) ke X tahun 2018, dijadwalkan digelar di Kota Surabaya, mulai Sabtu (7/7/2018) hingga Senin (8/7/2018). Menampilkan berbagai kegiatan seni.

“Pameran seni rupa, gelar seni pertunjukan, workshop, seminar internasional, nasional, pemutaran film. Seluruhnya dilaksanakan di Surabaya, hanya saja pada pembukaan digelar di Amphiteater taman Candra Wilwatikta, Pandaan,” terang Arif Rofiq Direktur STKW Surabaya.

Selain menghadirkan berbagai pertunjukan seni, lanjut Rofiq, kegiatan FKI ke X tahun 2018 ini juga mengundang perwakilan dari 9 perguruan tinggi kesenian di Indonesia.

“STKW Surabaya sebagai tuan rumah. Nantinya akan hadir perwakilan dari masing-masing perguruan tinggi kesenian di Indonesia. Diantaranya adalah ISI Yogjakarta, ISI Denpasar Bali, ISI Surakarta, ISI Padang Panjang, IKJ, Institut Seni Budaya Indonesia Tanah Papua, dan tuan rumah STKW Surabaya,” tambah Rofiq.

Dengan tema: Seni, Identitas dan Realitas festival yang digelar setiap tahun dan berpindah-pindah lokasi ini diharapkan mampu memberikan sentuhan baru terkait dengan produk seni dan budaya.

Di Surabaya sendiri, pementasan seni dan pertunjukan tidak hanya digelar di kampus STKW Surabaya, tetapi juga dipentaskan di Taman Budaya Jawa Timur. “Pemutaran film kami gelar di XXI Ciputra World,” pungkas Arif Rofiq yang juga koreografer.(tok/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
28o
Kurs