Kamis, 2 Mei 2024

Tebing Longsor di Sungai Ngobo Sebabkan Satu Penambang Meninggal

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ilustrasi. Grafis: Gana suarasurabaya.net

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri, Jawa Timur, menangani kejadian tebing longsor di Sungai Ngobo, Kecamatan Plosoklaten. Kejadian ini mengakibatkan seorang warga meninggal dunia.

Randy Agata Pelaksana Tugas Kepala BPBD Kabupaten Kediri mengemukakan, kejadian itu berawal dari laporan dari seorang warga bernama Bambang, asal Dusun Pulerejo, Desa Wonorejo Trisulo, Kabupaten Kediri. Pada saat itu, Bambang mengetahui ada dua orang warga Dusun Lestari, Desa Wonorejo, Kecamatan Puncu, Kediri, menuju ke lokasi pengambilan batu di area Sungai Ngobo, Dusun Pulerejo, tersebut.

“Saat itu, mereka tiba di lokasi sekitar pukul 14.00 WIB, kemudian menaikkan batu ke dalam badan truk. Namun belum selesai menaikkan batu tiba-tiba tebing di sampingnya ambrol setinggi kurang lebih empat meter,” kata dia di Kediri, Jumat (1/11/2018)

Ia juga menambahkan, tebing yang ambrol tersebut memang cukup tinggi kurang lebih 8 meter. Korban diketahui bernama Siska (25). Pria yang bekerja sebagai kenek truk itu saat kejadian berlangsung di lokasi dan tidak dapat menyelamatkan diri, sehingga tertimbun tanah longsor.

Sejumlah orang yang ada di lokasi kejadian juga langsung menolong korban dan mengeluarkannya dari reruntuhan tanah longsor itu. Namun, yang bersangkutan ternyata sudah meninggal dunia. Warga juga langsung membawa Siska ke rumah duka di Dusun Lestari, Desa Wonorejo, Kecamatan Puncu.

“Saat itu yang terkena hanya satu, untuk temannya dekat dengan lokasi tapi tidak sampai terkena tanah longsor. Tadi jenazah juga langsung dibawa ke rumah duka,” kata Randy dilansir Antara.

Randy menambahkan, sebenarnya BPBD Kabupaten Kediri juga selalu mengingatkan pada warga yang menambang untuk berhati-hati bahkan untuk tidak lagi menambang. BPBD juga sudah memasang papan imbauan bahwa ada bahaya aliran lahar di sungai ngobo tersebut. Sungai itu merupakan salah satu jalur lahar Gunung Kelud (1.731 meter di atas permukaan laut).

Namun, ia mengakui warga yang menambang tetap saja datang. Terlebih lagi, saat penghujan, mereka mengangkut pasir dari aliran Gunung Kelud. Pemerintah kabupaten juga tidak dapat berbuat banyak, sebab untuk izin penambangan saat ini di Provinsi Jatim bukan di daerah.

“Kami tidak pernah membuka juga. Sebagaimana diketahui bahwa terkait dengan izin tambang ada di provinsi,” kata Randy.

Ia juga berharap, adanya kejadian tebing longsor itu juga menjadi pengingat tersendiri bagi warga yang menambang agar tidak lagi menambang baik batu maupun pasir. Selain berbahaya bagi diri sendiri, juga lingkungan salah satunya memicu terjadinya tebing longsor yang lebih luas.(ant/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
26o
Kurs