Sabtu, 27 April 2024

Terkait Kunjungan Kepolisian Cina, Kapolres Ketapang Dicopot Dari Jabatan

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Tangkapan layar sebuah video yang beredar viral memperlihatkan AKBP Sunario mantan Kapolres Ketapang, dengan plakat RI-China. Foto: Tangkapan Layar Youtube

Terkait pencopotan Kapolres Ketapang, Irjen Pol Setyo Wasisto Kadivhumas Polri mengatakan bahwa pencopotan AKBP Sunario dari jabatannya sebagai Kapolres Ketapang, Kalimantan Barat, karena tidak melaporkan rencana kunjungan dari Kepolisian Cina.

Bahkan Sunario juga dinilai telah melampaui wewenangnya dengan menjalin kerja sama dengan Kepolisian Cina.

Padahal setiap kunjungan atase kepolisian dari luar negeri ke Indonesia maupun kesepakatan kerja sama harus seizin dan sepengetahuan Divisi Hubungan Internasional (Divhubinter) Mabes Polri.

“Harus melapor ke Hubinter. Kemarin, tidak ada laporan sama sekali,” kata Irjen Setyo di Jakarta seperti dilansir Antara, Rabu (18/7/2018).

“Yang salah Kapolresnya. Dapat kunjungan, malah tidak lapor Kapolda, tidak lapor Mabes Polri. Begitu kejadian (informasi beredar di internet), malah ngeles,” ujar dia menambahkan.

Akibat perbuatannya tersebut, Sunario dicopot dari jabatan Kapolres Ketapang dan dimutasi ke Polda Kalbar untuk diperiksa, sedangkan AKBP Yury Nurhidayat yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Singkawang ditunjuk untuk menempati posisi Kapolres Ketapang. (ant/bas/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
31o
Kurs