Sabtu, 4 Mei 2024

Terkendala Cuaca, Penerbangan Garuda Surabaya-Jember Delay Dua Jam

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Ilustrasi

Penerbangan Garuda Indonesia rute Surabaya-Jember, Kamis (29/11/2018) mengalami keterlambatan (delay) hampir dua jam akibat cuaca, sehingga maskapai tersebut mendarat di Bandara Notohadinegoro Jember pukul 11.55 WIB dari jadwal seharusnya pukul 09.50 WIB.

“Kami mendapatkan informasi penerbangan Garuda Surabaya-Jember terlambat karena faktor cuaca, sehingga secara otomatis penerbangan dari Jember-Surabaya juga delay,” kata Edy Purnomo Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bandara Notohadinegoro di Jember, Jawa Timur.

Ia mengatakan, pihak maskapai Garuda Indonesia sudah menyampaikan keterlambatan penerbangan tersebut kepada penumpang, sehingga sebagian besar penumpang sudah tahu dan tiba di Bandara Notohadinegoro Jember sesuai dengan jadwal keberangkatan yang disampaikan pihak maskapai.

“Pesawat Garuda jenis ATR 72-600 itu biasanya mendarat di Bandara Notohadinegoro Jember pada pukul 09.50 WIB sesuai jadwal, namun karena faktor cuaca mendarat pada pukul 11.55 WIB,” tuturnya dilansir Antara.

Kendati demikian, lanjut dia, penerbangan Wings Air rute Surabaya-Jember tidak mengalami keterlambatan dan sesuai jadwal mendarat di Bandara Notohadinegoro Jember pada pukul 10.40 WIB.

“Penerbangan Wings Air lancar dengan keterisian penumpang dari Surabaya penuh dan keterisian penumpang dari Jember juga penuh, sehingga pax full datang dan pergi,” katanya.

Sementara Heru Joko Satria Manajer Garuda Indonesia Wilayah Jember mengatakan keterlambatan penerbangan maskapai Garuda rute Surabaya-Jember terjadi sejak Rabu (28/11/2018) karena faktor cuaca dan pesawat tidak bisa terbang di atas Lumajang.

“Bahkan pada Rabu, pesawat Garuda sempat terbang dari Bandara Juanda, kemudian tidak bisa terbang di atas Lumajang sehingga pesawat tersebut kembali ke Bandara Juanda lagi,” tuturnya.

Menurutnya pesawat tidak bisa melintasi di atas Kabupaten Lumajang karena suatu hal pada pagi hari, sehingga pesawat baru bisa take off dari Bandara Juanda sekitar pukul 11.00 WIB dan hal tersebut sudah disampaikan kepada penumpang.

“Kami sudah memberikan informasi kepada penumpang terkait keterlambatan tersebut dan pihak Garuda Indonesia meminta maaf atas keterlambatan penerbangan rute Surabaya-Jember atau sebaliknya,” katanya.

Jadwal penerbangan di Bandara Notohadinegoro Jember menjadi dua kali dalam sehari untuk rute Jember-Surabaya oleh maskapai PT Garuda Airlines dan PT Wings Air. (ant/nin/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
31o
Kurs