Jumat, 29 Maret 2024

Tidak Hanya Anak-Anak, Guru Akan Dirotasi Untuk Pulihkan Trauma

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ilustrasi. Foto: Antara

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merotasi guru-guru yang bertugas di wilayah terdampak gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), dalam upaya untuk mendukung pemulihan trauma mereka.

“Untuk memulihkan trauma ini tidak hanya pada anak-anak yang menjadi korban bencana, tetapi juga guru-guru,” kata Muhadjir Effendy Menteri Pendidikan dan kebudayaan usai menghadiri wisuda sarjana di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Sabtu (25/8/2018).

Ia menjelaskan, guru-guru yang bertugas di daerah terdampak gempa akan dipindahkan ke daerah yang lebih aman. Dan para guru yang mengajar di daerah tidak terdampak gempa akan diperbantukan ke daerah terdampak gempa.

Rotasi guru itu akan dilakukan sampai proses pemulihan trauma guru-guru yang terdampak gempa selesai dan hanya akan dilakukan di lingkup sekolah yang berada di wilayah NTB.

“Kami akan lihat dulu, kalau ternyata ada guru yang masih trauma akan kita alihkan. Sementara cukup guru-guru yang ada di NTB saja,” kata Muhadjir.

Muhadjir juga mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, termasuk guru-guru dari luar NTB, yang secara spontan langsung bertindak untuk membantu sekolah-sekolah terdampak gempa di Lombok.

“Mereka spontan saja datang ikut membantu. Memang belum sempat kami koordinasikan,” katanya.

Dia menjelaskan pula bahwa ada 553 gedung sekolah yang rusak akibat gempa, dari bangunan Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas/Kejuruan.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan membangun kembali sekolah-sekolah yang rusak akibat gempa, dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berusaha memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan.

Pemerintah Kota Malang juga berencana membantu pembangunan kembali sekolah yang rusak akibat gempa di Lombok. Pelaksana Tugas Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan pemerintah kota sedang menggalang dana untuk keperluan itu.

“Saat ini dana yang terkumpul sekitar Rp400 juta. Dana ini merupakan sumbangan dari masyarakat dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Malang,” katanya.

“Ini yang harus kita bantu karena pendidikan sangat penting bagi masa depan generasi bangsa,” ia menambahkan.(ant/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs