Minggu, 19 Mei 2024

Tol Pandaan-Malang Bakal Jadi Tol Cantik, Dibuka Januari 2019

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Salah satu ruas jalan Tol Pandaan-Malang, Seksi 1. Foto: Didik suarasurabaya.net

Tol Pandaan-Malang yang direncanakan beroperasi pada Januari 2019, bakal menjadi tol cantik.

Agus Purnomo Direktur Utama PT Jasa Marga Pandaan-Malang (JPM) menyebut, ruas Tol Pandaan-Malang cukup mempesona, karena melalui daerah pegunungan yang bagus. Tak hanya itu, Jasa Marga juga merencanakan akan menanam bunga beragam warna.

“Mudah-mudahan dengan tanaman ini, pengguna bisa menikmatinya dengan nyaman,” kata Agus Purnomo pada crew Suara Surabaya Media saat berkunjung sekaligus menjajal ruas Tol Pandaan-Malang, Selasa (30/10/2018).

Tol sepanjang 38,5 Kilometer ini juga ditargetkan bisa memangkas waktu perjalanan dari Pandaan ke Malang. Ia berharap, dalam waktu dekat sekitar Januari 2019 jalan tol tersebut bisa beroperasi, terutama untuk Seksi 1, 2, dan 3. Sedangkan Seksi 4 dan 5 rencananya bakal beroperasi Juni 2019.

“Saat ini progress pembangunan jalan tol Pandaan-Malang mencapai 74,6 persen,” katanya.

Ia berharap, masyarakat juga turut mendukung pembangunan jalan Tol Pandaan-Malang, khususnya pemilik tanah yang dilewati jalan tol.

Sementara itu terkait tarif, Agus mengaku masih dalam proses penghitungan. ia menyebut, penentuan tarif harus melihat dulu dengan besaran investasi yang ada.

Terkait kendala yang membuat proyek pembangunan ini molor, Agus menyebut, ini dikarenakan ada beberapa lahan yang baru bebas pada Agustus 2018 lalu. Padahal, menurutnya, harusnya pembangunan ini sudah selesai satu tahun lalu.

Tol Pandaan-Malang akan memiliki 5 seksi, yakni Seksi 1 di Pandaan sekitar Purwodadi; Seksi 2 di Lawang; Seksi 3 di Singosari sekitar Karanglo; Seksi 4 di Pakis menuju Bandara Abdurahman Saleh, dan Seksi 5 di Malang sekitar Sawojajar. (bas/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
29o
Kurs