Jumat, 26 April 2024

Toyota Hentikan Operasi Sejumlah Pabrik Akibat Gempa Hokkaido

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Seorang warga melintas di jalan yang hancur akbiat gempa bumi berkekuatan 6,7 magnitudo di Hokkaido, Jepang, 6 September 2018. Foto: CBCnews

Toyota Motor Corp. menghentikan sementara produksi mobil di sebagian besar pabriknya di Jepang akibat gempa bumi mematikan yang terjadi di dekat Hokkaido 6 September lalu.

Akiba terganggunya rantai pasokan, produsen otomotif terbesar Jepang itu mengistirahatkan pabriknya mulai Sabtu (8/9/2018), kata Toyota sebagaimana dikutip dari laporan Automotive News, Minggu (9/9/2018).

Seperti dilansir Antara, Toyota mengatakan akan menghentikan produksi di pabriknya di Kyushu, Tahara, dan pabrik Toyota Auto Body. Pabrik-pabrik itu telah ini memproduksi kendaraan Lexus dan Toyota Land Cruiser, yang sebagian output-nya untuk pasar Amerika Serikat.

Kiko Kita juru bicara Toyota mengatakan, penghentian ini akan berdampak pada semua lini Toyota dan Lexus di Jepang, kecuali untuk dua pabrik Daihatsu yang juga memproduksi kendaraan merek Toyota.

Toyota Motor Corp. memiliki 18 pabrikan yang memproduksi kendaraan di Jepang. Perusahaan ini tidak segera memberikan komentar mengenai dampak terganggunya rantai pasokan terhadap operasi secara keseluruhan.

Gempa bumi berkekuatan 6,6 magnitudo telah mengguncang Hokkaido, Sepang, pada 6 September lalu dan laporan terakhir menyebut ada 20 orang tewas akibat bencana alam yang sudah sering terjadi di negara ini. (ant/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs