Selasa, 21 Mei 2024

Trump Sebut Kim Cerdas Sekali karena Korut Denuklirisasi Amat Cepat

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Donald Trump Presiden Amerika Serikat mengacungkan jempolnya ke arah Kim Jong Un Pemimpin Korea Utara dalam pertemuan bersejarah mereka di Hotel Capella, Pulau Sentosa, Singapura, Selasa (12/6/2018), sebagai penghormatan besarnya kepada pemimpin Korea Utara yang usianya sekitar separuh umurnya. Foto: Reuters

Donald Trump Presiden Amerika Serikat dan Kim Jong Un Pemimpin Korea Utara telah menandatangani sebuah “dokumen komprehensif”, Selasa (12/6/2018), menyusul pertemuan bersejarah di Singapura yang ditujukan untuk denuklirisasi Semenanjung Korea.

Trump menyebut Kim telah mengambil langkah yang cerdas sekali karena dia memperkirakan proses denuklirisasi akan diawal dengan aman sangat cepat, kendati media belum mengetahui isi pasti dokumen itu.

Kim sendiri sudah mengatakan bahwa kedua pemimpin telah melaksanakan sebuah pertemuan bersejarah dan memutuskan untuk melupakan masa lalu. “Dunia akan menyaksikan sebuah perubahan besar,” kata Kim seperti dikutip Antara dari Reuters.

Trump mengaku telah memiliki ikatan batin khusus dengan Kim sehingga hubungan kedua negara akan sangat berbeda dari sebelum ini.

“Orang akan sangat terkesan dan orang akan bahagia sekali serta kami akan mengatasi sebuah masalah yang paling membahayakan dunia,” kata Trump.

Ketika ditanya apakah dia akan mengundang Kim ke Gedung Putih, Trump menjawab, “Tentu saja, saya akan (mengundangnya).”(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Selasa, 21 Mei 2024
26o
Kurs