Jumat, 26 April 2024

Tutup Peringatan HUT ke-73 RI, Bendera Diturunkan dan Mars Jatim Diresmikan

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Upacara penurunan bendera dalam peringatan 73 tahun kemerdekaan Republik Indonesia di Gedung Grahadi, Surabaya, Jumat (17/8/2018). Foto: Denza suarasurabaya.net

Sebanyak 74 orang Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibrakra) perwakilan 37 kabupaten/kota di Jatim menurunkan Bendera Merah Putih di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jumat (17/8/2018) sore.

Upacara penurunan bendera ini masih dalam rangka peringatan 73 tahun kemerdekaan Indonesia. Ada beberapa rangkaian acara sebelum upacara, salah satunya parade budaya yang menampilkan pertunjukan seni.

Dalam parade budaya ini, turut tampil tari kolosal Tribhuwana Wijaya Tunggadewi Senopati Majapahit oleh penari dari Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta (STKW) Surabaya.

Dalam rangkaian acara yang sama, Jumat (17/8/2018) sore, Soekarwo Gubernur Jawa Timur menandatangani prasasti naskah Mars Jawa Timur, yang merupakan mars ciptaannya.

Mars yang baru pagi tadi dinyanyikan untuk pertama kalinya, rencananya akan dinyanyikan kembali oleh paduan suara Jawa Timur yang mengiringi jalannya upacara sejak tadi pagi.

Pakde Karwo tetap menjadi inspektur dalam upacara. Komandan upacara kali ini adalah Letkol Infanteri Wing Sandya Udayanto yang sehari-hari memimpin Kodim Sidoarjo. Sedangkan Perwira Upacara diemban Mayor CPM Sukadi, Kepala Sub Garnisun Mojokerto.

Setelah diturunkan, Bendera merah putih itu akan diserahkan kepada Inspektur upacara, untuk kemudian disimpan kembali.

Perlu diketahui, setidaknya undangan yang menghadiri upacara kali ini mencapai lebih dari empat ribu orang. Termasuk undangan VIP, baik dari DPRD Jatim, Sekda Jatim dan Kepala OPD, serta TNI dan Polri.

Beberapa undangan dari Konsulat Jenderal beberapa negara di Surabaya juga tampak hadir dalam acara Jumat (17/8/2018) sore ini. (den/bas/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
28o
Kurs