Senin, 6 Mei 2024

Unair Gunakan Hasil Tes Jalur SBMPTN untuk Seleksi Jalur Mandiri

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) dalam program Angkatan Muda Ksatria Airlangga (Amerta). Foto: news.unair.ac.id

Demi kemudahan proses penerimaan mahasiswa baru yang lebih efektif, Universitas Airlangga (Unair) Surabaya menerapkan kebijakan baru.

Unair akan menggunakan hasil tes peserta calon mahasiswa baru yang mengikuti SBMPTN dalam tahap penyeleksian jalur tes Mandiri. Sehingga peserta jalur mandiri tidak perlu melakukan tes kembali, karena nantinya Unair akan menggunakan hasil tes peserta saat mengikuti tes SBMPTN sebelumnya.

Kebijakan ini disampaikan oleh Suko Widodo, Ketua Pusat Informasi dan Humas (PIH) Unair, kepada Radio Suara Surabaya, Senin (26/3/2018). Suko Widodo menjelaskan, andaikan peserta tidak lolos tes SBMPTN dan ingin melanjutkan lewat jalur mandiri, peserta tidak perlu melakukan tes ulang.

“Calon mahasiswa tidak perlu mengikuti tes (mandiri, red), tetapi kita menggunakan hasil seleksi dari SBMPTN ini. Jadi andaikan ini (SBMPTN, red) tidak masuk, maka nilainya akan digunakan untuk seleksi jalur mandiri, jadi cukup untuk mendaftar saja,” jelas Suko yang juga menjadi Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Airlangga tersebut.

Suko Widodo menegaskan, kebijakan ini diterapkan agar calon mahasiswa baru tidak kewalahan dengan berbagai macam tes kelulusan maupun tes masuk perguruan tinggi.

“Soalnya kita tahu, terlalu banyak tes seperti Ujian Nasional (UN), tes masuk dan sebagainya. Jadi kami kasihan juga,” ujar Suko.

Dosen mata kuliah Komunikasi Politik itu juga menganjurkan, sistem ini bisa disiasati para peserta yang gagal dalam tes SBMPTN untuk lebih mempertimbangkan grade jurusan yang akan dimasuki.

Menurut Suko Widodo, Unair menyadari bahwa tidak hanya Unair yang mengadakan tes SBMPTN. Untuk itu, Unair bekerja sama dengan perguruan tinggi lain dalam standar seleksi. Sehingga pihaknya mengaku hasil seleksi yang diambil dari tes menggunakan sistem nasional.

Berbicara mengenai joki tes masuk perguruan tinggi, lanjut dia, Unair mengajak semua masyarakat ikut untuk menangkap pelaku joki.

“Kami minta dari masyarakat luas, silahkan melapor kepada Unair secara langsung. Kami akan berusaha untuk menangkap hal seperti itu, karena ini menjadi concern dari Universitas Airlangga,” tambahnya.

Sebagai penutup, Suko mengimbau agar para calon mahasiswa baru memerhatikan hal yang berkaitan dengan tes masuk Perguruan Tinggi.

“Pertama, di mana dia suka dulu, passionnya di mana, jadi dasar pengetahuan sudah memadai dari awal. Untuk info, bisa klik di ppmb.unair.ac.id ,” ujarnya.(tna/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
30o
Kurs