Senin, 29 April 2024

Wali Kota Liverpool Ingin Hunting Foto di Surabaya

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Wakil Wali Kota Liverpool saat berkunjung ke Surabaya beberapa waktu lalu. Foto : Denza suarasurabaya.net

Joe Anderson dan Gary Millar, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Liverpool, Inggris, bersama rombongannya akan berkunjung ke Surabaya pada 18-22 Maret mendatang.

Mereka berkunjung ke Surabaya untuk meningkatkan kerja sama dengan Pemerintah Kota Surabaya di berbagai bidang. Di antaranya kesenian, kesehatan, pendidikan, dan olahraga.

Yanuar Hermawan, Kepala Sub Bagian Kerjasama Luar Negeri Pemkot Surabaya mengatakan, selama di Kota Pahlawan rombongan dari Liverpool akan mengikuti sejumlah acara.

Beberapa tempat yang akan dikunjungi antara lain Siola untuk meninjau langsung comand center 112, mengunjungi UKM dan Museum Surabaya, serta menyapa komunitas startup di Koridor.

Mereka juga akan melakukan penandatanganan MoU Sister City meningkatkan kerjasama yang terjalin beberapa tahun silam. Rombongan juga akan berkunjung ke Taman Baca serta menelusuri Sungai Kalimas.

“Menariknya, nanti Wali Kota Liverpool akan hunting foto bersama pemkot dan komunitas fotografi di Surabaya. Mereka juga dijadwalkan mengunjungi sekolah inklusi dan Liponsos,” kata Yanuar, Senin (12/3/2018).

Yanuar mengatakan, kerja sama antara Pemkot Surabaya dengan Liverpool sudah terbangun sejak 2014 silam. Saat itu Pemkot Surabaya mendapat undangan menghadiri International Business Festival (IBF) di Kota Liverpool.

“Kedutaan Besar Inggris di Jakarta waktu itu mengusulkan kepada Pemkot Surabaya untuk menjajaki kerjasama dengan Kota Liverpool,” kata dia.

Lalu pada 2016 silam, Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya berkirim surat kepada Duta Besar Inggris di Jakarta soal rencana pengiriman delegasi ke Kota Liverpool.

Duta Besar Inggris menyambut baik rencana itu dan siap membantu memfasilitasi kerjasama kedua kota.

Terjadi pertemuan dan diskusi secara langsung antara delegasi Pemkot Surabaya dengan Roz Gladden Lord Mayor Liverpool. Ini menjadi cikal bakal kerja sama antara Kota Surabaya dengan Liverpool di berbagai bidang.

Pada April 2017 silam, Whisnu Sakti Buana, Wakil Wali Kota Surabaya dan DPRD Surabaya melakukan kunjungan ke Kota Liverpool. Kemudian pada Mei nanti Risma berkunjung ke Liverpool untuk menandatangani Letter of Intent kerjasama Surabaya-Liverpool.

“Akhirnya pada 18-22 Maret mendatang, Wali Kota Liverpool akan berkunjung ke Surabaya untuk menandatangani MoU dan pembahasan rencana implementasi bidang-bidang kerjasama itu,” katanya.

Adapun bidang-bidang kerjasama Sister City Surabaya -Liverpool yang tertuang dalam naskah MoU yang sudah ditandatangani sebelumnya adalah pengembangan ekonomi kreatif, manajemen pelabuhan, pengembangan kota pintar (smart city), dan peningkatan kapasitas SDM.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini membenarkan salah satu agenda yang akan dilakukan oleh Wali Kota Liverpool selama berada di Surabaya adalah hunting foto bersama para komunitas fotografi di Surabaya.

Persiapan hunting foto itu pun terus dimatangkan oleh Bagian Humas Pemkot Surabaya.

“Wali Kota Liverpool itu kan hobinya fotografi, jadi nanti saya akan kumpulkan komunitas fotografi untuk mengambil foto-foto bersama,” kata Risma beberapa waktu lalu. (den/tna/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs