Sabtu, 1 Juni 2024

Warga Indonesia di Ukraina Gelar Upacara Sumpah Pemuda

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Rica Wuryaningrum (kerudung hitam) bersama mahasiswi Kyiv National University Taras Shevchenko, Ukraina, sebelum menarikan tari Pendet, Bali. Foto: Istimewa

Memperingati Sumpah Pemuda 2018, seluruh diplomat dan staf KBRI bersama dengan warga Indonesia di Ukraina, hadir mengikuti upacara dalam rangka untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda, di lapangan Wisma Duta Kyiv.

Bertindak sebagai Inspektur upacara, Prof. Yuddy Chrisnandi, SH, ME., Duta Besar RI untuk Ukraina merangkap Georgia dan Armenia.

Yuddy membacakan sambutan tertulis yang berasal dari Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Imam Nahrawi bertema Bangun Pemuda Satukan Indonesia yang mengajak pemuda pemudi Indonesia ikut memelihara komitmen dan menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia.

Menpora juga meminta agar generasi muda saat ini meneladani pemuda Indonesia tahun 1928 yang berhasil keluar dari jebakan sikap primordial dan SARA dalam rangka mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Usai menyampaikan sambutan tertulis menpora, Yuddy juga menyampaikan terimakasih kepada segenap staf Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI), serta warga masyarakat Indonesia yang hadir mengikuti upacara Hari Sumpah Pemuda.

“Walaupun hari ini suhu udara cukup dingin serta berangin, tetapi kehadiran segenap warga Indonesia pada upacara kali ini menunjukkan sikap serta nasionalisme sekaligus penghargaan pada para pahlawan dan pendahulu yang mempersatukan Indoensia,” terang Yuddy.

Bertindak selaku komandan upacara pada upacara Sumpah Pemuda di KBRI Kyiv, Ukraina adalah Datu Putra Persada. Usai upacara, peserta upacara yang diantaranya juga terdapat mahasiswa menyanyikan lagu-lagu nasional, diantaranya bangun Pemuda, Satu Nusa Satu Bangsa.

Sementara itu pada Sabtu (27/10/2018) sebelum peringatan Hari Sumpah Pemuda, digelar outlook world culture festival, dengan penampilan berbagai seni budaya termasuk penampilan seni budaya Indonesia.

“Budaya Indonesia sangat dihargai di Ukraina,” ujar Rica S Wuryaningrum Dosen Bahasa Indonesia di Kyiv National University Taras Shevchenko, Ukraina dalam siaran persnya, Senin (29/10/2018).(tok/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Sabtu, 1 Juni 2024
30o
Kurs