Sabtu, 20 April 2024

Worldship Orchestra Japan Keliling Dunia Ajak Anak-anak Suka Musik Klasik

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Personil Worldship Orchestra Japan adalah pelajar dan mahasiswa asal berbagai sekolah dan kampus di Jepang. Foto: Totok suarasurabaya.net

Dalam rangkaian Asia Spring Tour 2018 Worldship Orchestra Japan kembali hadir di Kota Surabaya, serta mengunjungi sejumlah sekolah untuk mengajak anak-anak suka dengan musik klasik.

Tahun 2018 ini, di Kota Surabaya, kelompok orkestra yang beranggotakan pelajardan mahasiswa asal berbagai sekolah di Jepang ini mengunjungi beberapa skeolah diantaranya NSA, SMPN 8, SMP Santa Clara dan SMP YPPI Surabaya.

Di masing-masing sekolah, kelompok orkestra anak muda yang juga mengunjungi beberapa negara lain di Asia Tenggara seperti Thailand, Kamboja dan Piliphina tetap membawa misi yang sama, yaitu mengajak anak-anak mengenal musik klasik.

“Kami tidak hanya menghibur kawan-kawan di Surabaya. Kami juga berbagi ilmu tentang musik klasik dan orkestra pada umumnya. Karena ini juga bagian dari tur project yang kami lakukan disetiap negara, termasuk Kota Surabaya,” terang Akihide Noguchi kapten tim Worldship Orchestra Japan.

Lebih lanjut Akihide menyampaikan bahwa tujuan dari kedatangan orkestra ini ke berbagai negara dan kota yang ada untuk memasyarakatkan musik klasik kepada masyarakat luas khususnya kepada anak-anak.

“Dengan memperkenalkan musik khususnya musik klasik sejak usia dini kepada anak-anak, harapannya agar dikemudian hari anak-anak ini punya pengalaman berkesan bagi hidupnya. Ini penting agar anak-anak tidak terjerumus hal-hal negatif,” tegas Akihide yang juga pemain Clarinet ini.

Akihide menyampaikan bahwa anak-anak memiliki kebebasan untuk menyampaikan ide-idenya, dan musik bisa menjadi jembatan untuk itu. “Musik klasik bisa jadi pilihan anak-anak menyampaikan ide-idenya,” ujar Akihide, Selasa (13/3/2018).

Di Surabaya, saat melakukan kunjungan ke sejumlah sekolah, kelompok orkestra asal Jepang ini menyebutnya sebagai bagian dari Tour Musical Journey 5 dengan memainkan berbagai komposisi yang disatukan dalam tema: Folk.

Secara khusus memuncaki kunjungan dan perjalanan tahunannya di Indonesia, khususnya di Kota Surabaya, Worldship Orchestra Japan bakal performance di Gedung Cak Durasim pada Rabu (14/3/2018) bersama siswa-siswi Nation Star Academy (NSA) yang memainkan Kolintang.

“Untuk pertunjukan di Gedung Cak Durasim tidak dipungut biaya. Tetapi masyarakat bisa memberikan donasi dalam bentuk uang maupun pakaian bekas layak pakai,” pungkas Sumi perwakilan rombongan orkestra Jepang di Surabaya.(tok/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
31o
Kurs