Jumat, 26 April 2024

YDSF Serahkan 350 Hunian Sementara untuk Korban Gempa Lombok

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Satu diantara penerima bantuan hunian sementara YDSF untuk korban gempa bumi Lombok. Foto: Humas YDSF

Yayasan Dana Sosial Al Falah (YDSF) bekerjasama dengan Laznas Al Irsyad menyerahkan hunian sementara, bale bangkit mandiri kepada sekitar 350 kepala keluarga (KK) di Desa Sigar Penjalin, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok utara.

Bantuan tersebut merupakan bantuan tahap pertama dari program 1000 rumah yang akan dibangun dan sudah diagendakan.

Najmul Ahyar, Bupati Lombok utara menyampaikan bahwa pihaknya sangat mendukung program bantuan tersebut dan berterimakasih atas rencana pembangunan 1000 rumah atau hunian sementara.

“Pembangunan rumah atau hunian sementaa untuk masyarakat korban bencana gempa ini juga menjadi sarana memicu kebangkitan dari bencana. Kami sangat berterimakasih atas donasi, partisipasi serta support untuk warga,” terang Najmul Ahyar.

Pemerintah Kabupaten Lombok Utara, tambah Najmul telah mendata rumah-rumah yang mengalami kerusakan akibat gempa yang terjadi beberapa waktu lalu. Tercatat sekitar 57.000 unit rumah yang harus dibangun kembali dan diperbaiki.

Sementara itu, disampaikan Prof. Mahmud Zaki Ketua Pembina YDSF bahwa sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional YDSF selalu siap bekerja sama dengan banyak pihak dalam bidang kemanusiaan.

“Ini bentuk kerjasama yang baik. Kami berharap semoga nantinya apa yang kami berikan atau sampaikan ini bermanfaat bagi masyarakat atau bagi penerima bantuan yang sudah kami sampaikan,” ujar Mahmud Zaki.

Ditemui ditempat berbeda, Masrun warga Sigar Penjalin ketika menerima kunci rumah secara simbolis dari tim YDSF mengaku terharu dan berterimakasih atas bantuan yang diberikan.

“Mewakili warga penerima, saya mengucapkan terima kasih atas bantuan ini. Meskipun hunian sementara, tapi kami sekarang tidak bingung lagi kalau ada hujan,” kata Masrun.

Rencananya, target sisa pembangunan 1000 huntara akan diselesaikan sebelum akhir tahun 2018. Para penerima tersebar di beberapa wilayah Kecamatan Tanjung, Seperti Desa Wedana, Desa Teniga, Desa Pemenang, Jenggala, dan Sumbawa.

Selain menyerahkan bantuan hunian sementara, YDSF juga menyerahkan bantuan masjid darurat, sekolah darurat dan pembangunan kembali satu unit sekolah dasar.(tok/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs