Rabu, 24 April 2024

Yuk Intip Keunggulan Suroboyo Bus

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Suroboyo Bus saat soft launching di Gedung Siola, Sabtu (7/4/2018). Foto: Anggi suarasurabaya.net

Suroboyo Bus yang tidak lama lagi akan segera beroperasi di Surabaya, cukup menarik perhatian masyarakat. Tidak hanya menyadarkan masyarakat untuk peduli pada sampah plastik dan mengurangi kemacetan, Suroboyo Bus juga memiliki beberapa keunggulan dari bus biasanya.

Pasalnya, Suroboyo Bus akan menjadi angkutan bebas hambatan traffic light, yang bisa mengantarkan penumpangnya lebih cepat. Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya mengatakan Suroboyo Bus terintegrasi dengan sistem teknologi di Surabaya Intelligent Transport System (SITS), yang menjadikan sebagai bus priority. Ketika bus akan mendekati traffic light, secara otomatis lampu traffic light akan menyala hijau.

“Bus ini akan jalan terus, tidak terhambat sama lampu merah. Jadi kalau bus sudah hampir mendekati beberapa meter dari traffic light, lampu akan berubah hijau dan bus ini akan tetap jalan. Yang bersebrangan otomatis lampunya berubah merah. Karena ada aplikasi yang connect dengan SITS kita,” kata Risma, Sabtu (7/4/2018).

Selain itu, lanjut Risma, Suroboyo Bus ini juga dilengkapi dengan 12 kamera CCTV, yang akan memantau keadaan dalam bus, terutama mencegah terjadinya kriminalitas, seperti pencopetan atau hal-hal lainnya. CCTV itu juga terhubung dengan kamera di darat, yang siap memantau keadaan bus, untuk memberikan rasa aman dan nyaman pada penumpang.

Irvan Wahyudrajad Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya menambahkan bus itu juga dilengkapi GPS, yang di masing-masing halte, calon penumpang bisa melihat posisi bus yang akan dinaiki. Fasilitas itu bisa dinikmati lewat aplikasi Go Bis (Golek Bis), yang rencananya akan segera hadir di Playstore.

“Jadi aplikasi ini akan menjadi pusat informasi angkutan umum. Sudah kita daftarkan ke Playstore, tinggal tunggu konfirmasi saja. Minggu depan ditargetkan sudah bisa diunduh,” kata Irvan, seusai acara soft launching.

Dalam aplikasi itu, lanjutnya, akan termuat sejumlah informasi tentang rute Suroboyo Bus, yang dilengkapi peta digital real time dengan perkiraan tiba bus di halte dan beberapa informasi lainnya. Tidak hanya tentang Suroboyo Bus, di aplikasi Go Bis itu juga akan termuat informasi tentang e-ticketing bus AKDP maupun AKAP, juga informasi tentang angkutan umum mikrolet atau lyn.

Nantinya, di setiap halte yang akan dilewati Suroboyo Bus, Pemkot Surabaya akan menyediakan layar LCD yang menampilkan informasi rute, perkiraan kedatangan, dan peta real time Suroboyo Bus.

Bus dengan lebar 2,4 meter dan panjang 12 meter ini, dilengkapi sensor pada pintu bus. Pintu tidak akan tertutup, apabila penumpang menghalanginya. Bus juga tidak akan berjalan, jika pintu belum tertutup. Bus dengan daya tampung 67 penumpang ini, juga dilengkapi tombol darurat untuk mengantisipasi kebakaran atau kecelakaan.

Selain itu, tempat duduk penumpang diatur dengan rapi. Penumpang laki-laki akan duduk dibangku warna oranye, sedangkan perempuan duduk dibangku warna pink. Jadi para penumpang tidak tercampur bebas. Hal itu dilakukan untuk menghindari upaya kejahatan, seperti pelecehan seksual. Ada juga tempat khusus untuk penyandang difabel, lansia dan ibu hamil.

“Ada tombol khusus di dekat pintu masuk yang bisa digunakan untuk memanggil asisten pengemudi. Dia akan membantu penumpang penyandang difabel masuk ke dalam bus,” tambahnya.

Suroboyo Bus, beroperasi mulai pukul 06.00 WIB hingga 22.00 WIB. (ang)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
30o
Kurs