Jumat, 19 April 2024

Cegah Longsor, Proyek Basement RS Siloam Ditimbun Total

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Demi Basturiah Wakil Koordinator PT Nusa Konstruksi Enjiniring (PT NKE) saat berada di Jalan Raya Gubeng pada Jumat (28/12/1018). Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Tim Mitigasi Kelongsoran Jalan Raya Gubeng merekomendasikan Basement RS Siloam yang berada di sisi barat jalan ditimbun sepenuhnya. Penimbunan total ini bertujuan untuk mencegah kelongsoran akibat beban kendaraan yang melintas di atas Jalan Raya Gubeng.

Menanggapi itu, Demi Basturiah Wakil Koordinator PT Nusa Konstruksi Enjiniring (PT NKE) mengatakan, dirinya saat ini sedang berkoordinasi dengan pihak terkait untuk segera melakukan penimbunan.

“Tidak terlalu lama, kita akan timbun kembali basement kami yang masih kosong ini. Penimbunannya sama, seperti yang pernah rekan-rekan lihat, yaitu dengan sirtu (Pasir Batu, red). Semuanya kita timbun dengan sirtu. Dengan elevasi (ketinggian,red) yang sudah direkomendasikan oleh menteri PUPR,” katanya ketika ditemui di Jalan Raya Gubeng pada Jumat (28/12/1018).


Demi Basturiah dengan Kombes Pol Rudi Setyawan Kapolrestabes Surabaya memantau lokasi. Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Demi Basturiah mengatakan, sirtu akan kembali didatangkan dari Ngoro, Mojokerto dengan estimasi total sirtu yang dibutuhkan sekitar 30.000 truk. Elevasi tanah di Basement RS Siloam tersebut akan berada di kisaran -2 atau -1 meter dari badan jalan. Ia juga mengatakan, kemungkinan proses penimbunan dimulai paling cepat pada hari Minggu (30/12/2018) mendatang.

Wahyu P Kuswanda Humas Tim Mitigasi Kelongsoran Jalan Raya Gubeng mengatakan, untuk saat ini, minimal di sisi barat jalan, kecuraman aman berada di angka 30 derajat. Sedangkan saat ini kecuraman masih di angka 45 derajat.

“Pada saat ini, timbunan yang kami rekomendasikan kan belum tercapai. Untuk itu, kami merekomendasikan untuk mencegah kelongsoran ke arah galian, itu bisa diperkuat dengan Steel Sheet Piles (SSP),” kata Wahyu yang ditemui di Jalan Raya Gubeng pada Jumat (28/12/2018).

Sebagai Informasi, Tim Mitigasi Kelongsoran Jalan Raya Gubeng merupakan tim yang dibentuk oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VIII Surabaya yang berada dibawah kementerian PUPR. Tim ini berwenang untuk memberikan rekomendasi teknis terkait recovery Jalan Raya Gubeng. (bas/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs