Jumat, 29 Maret 2024

Mendesak, Stok Sel Darah Merah Goldar A Tersisa Satu Kantong

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Seorang wanita mendonorkan darahnya di Palang Merah Indonesia (PMI) Surabaya, Kamis (29/11/2018). Foto: Baskoro suarasurabaaya.net

Stok darah sel darah merah untuk golongan darah A menipis di Palang Merah Indonesia (PMI) Surabaya, Kamis (29/11/2018).

Berdasarkan update terakhir PMI Surabaya pada Kamis (29/11/2018) pukul 13.00 WIB, ketersediaan sel darah merah di golongan darah A hanya tersisa 1 kantong. Triksi Hendria Humas Unit Donor Darah PMI Kota Surabaya menyebut, kondisi ini sudah terjadi sejak Rabu (28/11/2018) kemarin.

Ketersediaan stok sel darah merah untuk golongan darah ini terbilang mengkhawatirkan. Pasalnya, permintaan sel darah merah untuk golongan darah A relatif tinggi.

“Sedangkan untuk pendonor sangat rendah. Kebanyakan pendonor dari golongan darah B dan O,” kata Triksi ketika ditemui di Unit Transfusi Darah PMI Surabaya, Kamis (29/11/2018) siang.


Data stok ketersediaan darah di PMI Surabaya. Foto: Baskoro suarasurabaaya.net

Triksi menyebut, PMI saat ini membutuhkan bantuan masyarakat yang memiliki golongan darah A untuk mendonorkan darahnya agar persediaan darah di PMI Surabaya aman. Ini agar orang yang membutuhkan darah untuk golongan darah itu bisa segera mendapatkannya.

Menurut Triksi, selama ini PMI Surabaya sudah gencar melakukan jemput bola untuk mendapatkan stok darah. PMI biasa mendatangi instansi-instansi untuk bekerjasama melakukan donor darah. Namun, hal itu tidak bisa menjamin ketersediaan golongan darah A terjaga tetap stabil.

Tristi mengatakan, pendonor golongan darah A bisa dibilang berkurang sebesar 25 persen. Sedangkan, pendonor golongan darah B dan O meningkat.

“Hal ini juga karena yang memiliki golongan darah A dan AB juga lebih sedikit dibanding golongan darah lain,” ujarnya.

Ia mengimbau, masyarakat Surabaya yang memiliki golongan darah A agar segera mendonorkan darahnya. Terkait syarat, pendonor harus minimal berusia 17 tahun, berat badan minimal 45 kg, dan dalam kondisi sehat.

Sebagai informasi, masyarakat yang berkeinginan untuk mendonorkan darahnya bisa langsung datang ke Unit Transfusi Darah PMI Surabaya di Embong Ploso Nomor 7-15, Surabaya. Unit ini buka setiap hari dari pukul 07.00-21.00 WIB. (bas/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs