Jumat, 29 Maret 2024

10 Mahasiswa ITS Ikuti PGN Leadership dan Innovation Camp I 2019

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Para mahasiswa peserta pelatihan termasuk mahasiswa ITS. Foto: Humas ITS Surabaya

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) tingkatkan kualitas mahasiswanya, lewat kerja sama dengan Yayasan Karya Salemba Empat (KSE) dan PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk dalam bentuk pelatihan PGN Leadership dan Innovation Camp I 2019 bagi 143 mahasiswa penerima beasiswa KSE dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se Indonesia.

Tahun ini, sebanyak 10 dari 104 mahasiswa ITS penerima beasiswa KSE mengikuti pelatihan yang diadakan di Surabaya.

“Jumlahnya ini meningkat dibandingkan tahun lalu, di mana ITS hanya diwakilkan oleh lima mahasiswa,” terang Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng, Rektor ITS.

Selain ITS, dalam pelatihan yang berlangsung selama empat hari tersebut, terdapat 31 PTN lain di Indonesia yang mengikutsertakan mahasiswanya dalam pelatihan ini.

Di antaranya adalah Universitas Indonesia (UI), Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Universitas Sriwijaya (Unsri), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Airlangga (Unair), Politeknik Negeri Sriwijara (Polsri), Politeknik Negeri Lampung (Polinela), Universitas Riau (Unri).

Dari 32 PTN yang mengikuti program ini, lanjut Ashari sapaan Rektor ITS, bahwa ITS termasuk salah satu PTN yang telah berhasil mengembangkan mahasiswanya melalui beasiswa KSE ini.

“Banyak prestasi yang berhasil diraih mahasiswa ITS penerima beasiswa ini, salah satunya adalah anggota dari tim yang mengikuti Shell Eco Marathon Asia 2019 di Malaysia dan keluar sebagai juara pertama,” kata Ashari.

Selain itu, lanjut Ashari, ada beberapa mahasiswa penerima beasiswa ini yang aktif dalam keorganisasian, seperti tahun ini yang menjadi Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Kelautan dan Ketua Pelaksana Information System Expo.

Desima Equalita Siahaan Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) dan Umum PT PGN Tbk, dalam sambutannya menjelaskan, pelatihan ini adalah proyek pengembangan kompetensi kepemimpinan dan inovasi bagi penerima beasiswa KSE yang didanai sepenuhnya oleh PT PGN Tbk.

Tujuan dari program ini adalah untuk mendorong mahasiswa untuk turut serta memajukan kesejahteraan masyarakat melalui implementasi program kewirausahaan sosial.

“Selain itu, saya berharap pelatihan ini mampu menciptakan generasi muda yang piawai dalam memimpin, mempunyai semangat berkarya tinggi, dan peduli kepada sesama,” kata Desima.

Selama ini, lanjut Desima PT PGN Tbk dikenal sebagai perusahaan nasional Indonesia terbesar di bidang transportasi dan distribusi gas bumi yang berperan besar dalam pemenuhan gas bumi domestik.

Perusahaan yang berkantor pusat di Jakarta ini berupaya berkontribusi dalam dunia pendidikan dengan memberikan beasiswa-beasiswa seperti pelatihan kali ini, sekaligus untuk mengenalkan PT PGN Tbk.

“Kami berharap juga melalui kegiatan kerjasama dengan PTN ini, kami (PT PGN Tbk, red) dapat lebih dikenal oleh para mahasiswa, mengingat tahun-tahun ini akan ada perekrutan karyawan baru,” pungkas Desima.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
25o
Kurs