Sabtu, 20 April 2024

11 Jam Lebih Terjebak Kebakaran Hutan di Gunung Ranti, Empat Pendaki Ini Selamat

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Empat pendaki yang berhasil dievakuasi di tengah kebakaran hutan Gunung Ranti, Minggu (20/10/2019). Foto: Kantor SAR Surabaya

Empat orang pendaki terjebak kebakaran hutan di Gunung Ranti, Banyuwangi, sejak Sabtu (19/10/2019) malam. Setelah sebelas jam menunggu di dalam hutan, mereka akhirnya selamat.

Pencarian para pendaki ini sempat dihentikan sementara akibat badai.

Berdasarkan catatan waktu Kantor SAR Surabaya, informasi hilangnya empat pendaki yang terjebak di Gunung Ranti yang sedang mengalami kebakaran hutan diterima Sabtu malam pukul 21.45 WIB.

Tim penyelamat dari Pos SAR Banyuwangi segera diterjunkan ke Search and Rescue Unit (SRU) Pos Paltuding Gunung Ranti. Sekitar pukul 22.00 WIB tim penyelamat memulai pencarian.

Para pendaki beruntung, Tim SAR Banyuwangi berhasil menghubungi dan berkomunikasi dengan salah satu dari mereka sehingga titik lokasi keberadaan mereka bisa diketahui.

Adhiar salah satu tim penyelamat dari Pos SAR Banyuwangi menyebutkan, saat dihubungi, salah satu pendaki itu menyebutkan titik lokasi dengan jelas dan kondisi mereka sehat.

“Hanya saja waktu itu mereka mengaku tidak bisa kemana pun karena akses jalan tertutup kebakaran hutan,” kata Adhiar dalam keterangan tertulis yang diterima suarasurabaya.net.

Lisa, Azza, Haidar, dan Fajar, para pendaki yang terjebak kebakaran hutan di Gunung Ranti sempat menunggu penyelamatan Tim SAR gabungan selama belasan jam. Akses ke lokasi mereka memang cukup sulit.

Minggu (20/10/2019) dini hari pukul 02.00 WIB Tim SAR Pos Jember bergabung dalam pencarian. BPBD Banyuwangi, Polsek Licin, Kodim Banyuwangi, BSI Banyuwangi, Serdadu Alam, dan Polisi Hutan pun hadir.

Upaya pencarian berlangsung sampai sekitar pukul 03.30 WIB. Tim SAR gabungan memutuskan untuk menghentikan pencarian karena badai menghadang aktivitas penyelamatan para pendaki.

Ketika matahari terbit dan cuaca sudah memungkinkan tim gabungan itu kembali melakukan pencarian dan penyelamatan para pendaki, berpedoman pada titik lokasi yang diberikan salah satu pendaki.

Setelah menunggu 11 jam lebih, Minggu pagi sekitar pukul 09.30 WIB, para pendaki akhirnya selamat. Tim SAR gabungan berhasil menemukan mereka dan melakukan evakuasi ke Posko Paltuding.

“Kami bersyukur karena kami masih bisa berkomunikasi dengan salah satu survivor (penyintas) untuk memantau kondisi dan lokasi mereka. Keempatnya dalam keadaan selamat,” kata Adhiar.(den/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
27o
Kurs