Jumat, 26 April 2024

21 Orang Jadi DPO Kasus Pembakaran Polsek, 5 Di antaranya Oknum Habib

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Polisi menunjukkan surat DPO kasus pembakaran Mapolsek Tambelangan. Foto: Istimewa

Polda Jatim terus mengembangkan kasus pembakaran Mapolsek Tambelangan, Sampang, Madura. Usai menetapkan 6 orang sebagai tersangka, polisi kembali memburu 21 orang yang kini sudah masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

Irjen Pol Luki Hermawan Kapolda Jatim mengungkapkan, munculnya 21 nama yang diduga terlibat dalam aksi pembakaran Mapolsek ini berdasarkan keterangan dari para tersangka dan saksi. Dari 21 DPO itu, 5 di antaranya adalah oknum Habib.

“Dari tersangka-tersangka dan saksi yang sudah kami BAP, mereka menyebutkan nama-nama. Yaitu ada 21 orang dan hari ini akan kami terbitkan surat DPOnya,” kata Luki, Jumat (31/5/2019).

Dari puluhan DPO tersebut, Luki sempat menyebutkan beberapa inisial Habib yang diduga terlibat aksi pembakaran Mapolsek. Di antaranya, MA alias Habib M, AA alias Habib Abdullah, dan Kiai berinisial A.

Adapun perannya, 21 DPO ini terlibat langsung aksi pembakaran. Mulai dari pembuatan bom molotov, ikut mengerahkan massa, melakukan pelemparan batu, hingga pengerusakan Mapolsek.

“Untuk lebih jelas atau detail identitas dan fotonya akan kami ungkapkan secepatnya. Sehingga masyarakat atau keluarga yang ingin menyerahkan, kami akan proses. Ini sampai kapanpun kami akan cari orang-orang ini,” tegasnya.

Untuk upaya penangkapan ini, Luki mengaku sudah melakukan koordinasi dengan ulama ataupun tokoh-tokoh agama di Sampang. Dalam hal ini, pihaknya juga ingin melakukan pendekatan dengan keluarga dan pondok pesantren yang ditengarai sebagai tempat bersembunyi para DPO.

“Yang jelas kami tetap mengedepankan dari tokoh-tokoh ulama, agama, untuk melakukan pendekatan kepada pihak keluarga. Atau mungkin mereka ini berada di salah satu Ponpes. Kita tetap akan menggunakan pendekatan dan akan kami proses sesuai prosedur. Kalau memang tidak terbukti ya kami lepaskan,” jelasnya. (ang/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs