Senin, 6 Mei 2024

5 Hari Terjebak, 8 Dari 70 Penambang Ilegal di Zimbabwe Berhasil Diselamatkan

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Seorang penyelamat memanjat sebuah poros dalam upaya penyelamatan penambang emas ilegal yang terjebak di Kadoma, Zimbabwe, Jumat (15/2/2019). Foto: Reuters

Tim penolong Zimbabwe pada Sabtu (16/2/2019) berhasil menyelamatkan delapan penambang emas ilegal dalam keadaan hidup, dari sekitar 70 orang yang pada awal pekan ini terperangkap di dalam lubang yang banjir.

Pemerintah telah menyatakan kecelakaan itu sebagai bencana, kata para pejabat dan saksi mata.

Dikutip Reuters yang dilansir Antara, kecelakaan di Battlefields, 175 km sebelah barat Harare itu terjadi pada Selasa (17/2/2019) malam. Pada saat itu, terlihat isyarat bahaya yang dihadapi penambang emas ilegal, yang pada tahun lalu menyumbang sebagian besar dari produksi sebanyak 33 ton emas.

“Sejauh ini kami berhasil mengeluarkan delapan penambang dalam keadaan hidup dan kami masih harus menilai dan menemukan para penambang lagi di lubang tambang yang masih hidup,” kata Tapererwa Paswavaviri, wakil kepala rekayasa pertambangan pemerintah.

Para penambang itu, yang berlumuran lumpur, segera dibawa oleh para petugas sebelum berbicara kepada para wartawan. Para penolong menghentikan operasi mereka sebentar karena hujan turun.

July Moyo Menteri Pemerintahan Lokal mengatakan dalam pernyataan pada Jumat (15/2/2019), pemerintah telah menyatakan insiden itu bencana dan hingga 70 orang mungkin masih terperangkap di dalam lubang.

Battlefields terkenal di kalangan penambang rakyat, yang dikenal dengan nama “Makorokoza”. Mereka menggunakan peralatan sederhana dan generator untuk memompa air dalam proses penambangan.(ant/tin/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
24o
Kurs