Jumat, 29 Maret 2024

57 Kali Puting Beliung Terjadi Selama Oktober, Rusak 7.425 Rumah

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi. Atap ratusan rumah terlihat hancur usai diterjang angin puting beliung di Desa Sumber Brantas, Batu, Jawa Timur, Senin (21/10/2019). Foto: Antara

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat telah terjadi sebanyak 57 kali puting beliung selama Oktober 2019.

“Puting beliung telah menyebabkan satu orang meninggal, 10 orang luka-luka, 462 mengungsi dan 7.425 unit rumah rusak,” kata Agus Wibowo Kepala Pusat Data, Infromasi dan Humas BNPB seperti dilansir dari Antara, Senin (18/10/2019).

Lebih lanjut dia mengatakan, dari jumlah rumah rusak tersebut, sebanyak 200 rusak berat (RB), 898 rusak sedang (RS) dan 6.327 rusak ringan (RR).

Sedangkan kerusakan pada fasilitas umum, sebanyak 37 fasilitas rusak yang mencakup 15 fasilitas pendidikan, 20 peribadatan dan dua kesehatan.

Sejumlah kejadian puting beliung ini terjadi di Jawa Tengah sebanyak 21 kali, Jawa Barat 14 kali, Aceh, Bali, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan empat kali, Sumatera Utara tiga kali, Sumatera Barat masing-masing dua kali, Banten, Di Yogyakarta, Kalimantan Barat dan Riau masing-masing sekali.

Fenomena angin puting beliung tersebut merupakan pertanda mulai memasuki perubahan musim dari kemarau ke penghujan atau musim pancaroba.

Sedangkan tanah longsor terjadi delapan kali mengakibatkan dua orang meninggal dunia, 73 mengungsi, serta kerusakan pada 21 unit rumah dengan rincian dua unit rusak berat, 10 unit rusak sedang dan sembilan unot rusak ringan.

Selain itu akibat tanah longsor juga menyebabkan tiga fasilitas umum yaitu satu fasilitas pendidikan dan dua fasilitas peribadatan rusak. Tanah longsor terjadi di Jawa Barat enam kali dan satu kali masing-masing di Jawa Timur dan Sumatera Utara.

BNPB juga mencatat terjadi tujuh kali banjir selama Oktober yang menyebabkan satu orang meninggal dunia, 285 mengungsi dan 237 unit rumah terendam.

Banjir terjadi di Aceh sebanyak lima kali serta masing-masing sekali di Sumatera Barat dan Sumatera Utara.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs