Rabu, 26 Februari 2020

AIChE ITS Rebut Outstanding Student Chapter

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
AIChE ITS Student Chapter. Foto: Humas ITS Surabaya

Kelompok American Institute of Chemical Engineers (AIChE) ITS Student Chapter berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Outstanding Student Chapter untuk kali kedua. Prestasi internasional.

Penghargaan tersebut diberikan secara langsung pada pergelaran tahunan yang diselenggarakan oleh AIChE Internasional di Orlando, Amerika Serikat (AS), pada 10 November 2019 mendatang.

Sebagai informasi, AIChE ITS Student Chapter (SC) ini terbentuk didasarkan oleh tingginya kebutuhan akan aspek internasionalisasi di lingkungan Departemen Teknik Kimia ITS.

AIChE ITS SC yang terbentuk pada 21 Juli 2017 ini fokus dalam mengembangkan beberapa proyek yang bermanfaat, terutama dalam hal profesionalisme dan pendidikan di lingkup Teknik Kimia.

“Kami terbuka untuk semua departemen di ITS yang tertarik dalam pengembangan teknik proses,” terang Muhammad Hazairin, Student President AIChE ITS SC 2018/2019 ini.

AIChE ITS berhasil mempertahankan penghargaan Outstanding Student Chapter yang juga diraih tahun sebelumnya, setelah mengalahkan kurang lebih 310 perguruan tinggi di seluruh dunia dan tergabung bersama 25 pemenang lainnya yang juga terseleksi dalam lingkup AIChE Internasional.

Hal ini merupakan pencapaian yang luar biasa, mengingat AIChE ITS mampu bersaing dengan kampus lain di Indonesia yang sudah terlebih dahulu terbentuk dan bergabung bersama AIChE Internasional.

Lebih lanjut, kata mahasiswa yang biasa disapa Irin tersebut, penghargaan ini diberikan oleh AIChE Internasional kepada perguruan tinggi di seluruh dunia yang aktif berkontribusi dalam hal pengembangan profesional mahasiswa di wilayahnya masing-masing.

Banyaknya proyek yang dilakukan dan dampak positif yang dihasilkan juga merupakan aspek utama yang dinilai dalam pemberian penghargaan ini. “Total sebanyak 38 proyek di berbagai lingkup sudah kami kerjakan bersama selama satu periode kepengurusan,” kata Irin.

Mahasiswa dari Departemen Teknik Kimia itu juga menjelaskan, AIChE ITS selalu berusaha memberikan kontribusinya baik di tingkat nasional maupun internasional.

Satu diantara bentuk kontribusi terbesarnya di lingkup nasional adalah pembentukan proyek Professional Engineering Month yang digagas oleh Departemen Pengembangan Profesional AIChE ITS.

Proyek ini mampu membantu mahasiswa teknik untuk belajar bagaimana caranya untuk menjadi insinyur teknik yang profesional sesuai bidangnya masing-masing.

Sedangkan di lingkup internasional, ujar Irin, AIChE ITS juga memberikan kontribusi positifnya dengan menjadi mitra dan bekerja sama secara langsung dengan salah satu anggota dari Ivy League yaitu AIChE Pennsylvania.

Selain itu, aspek pengembangan internal organisasi, pengabdian ke masyarakat seperti proyek penjangkauan dan filantropi, hingga kontribusi dalam bidang teknik kimia secara profesional juga merupakan aspek yang dinilai.

AIChE ITS juga selalu mengedepankan etika kerja yang efektif sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja masing-masing anggotanya. Mereka menggunakan tagline #ExpandingExcellence yang dipromosikan dalam setiap kegiatannya.

Hal itu dilakukan untuk memberikan keunggulan dari AIChE ITS kepada komunitas insinyur lainnya. “Aspek profesionalisme, pendidikan, dan proyek penjangkauan yang menjadikan kami berbeda dengan Student Chapter lainnya,” tegas irin.

Ini juga membuktikan bahwa pengembangan aspek disiplin ilmu teknik kimia di Indonesia, terutama di ITS mampu berbicara banyak di kancah internasional. Adanya penghargaan ini juga membuka banyak pintu untuk meraih peluang-peluang yang tersedia di bidang terkait.

“Kami berharap dapat melanjutkan kinerja ini secara maksimal, sehingga bisa menjadi contoh dan memberikan pengaruh yang baik bagi mahasiswa lain untuk terus memberi kepada masyarakat,” pungkas Irin.(tok/dwi)

Berita Terkait