Sabtu, 4 Mei 2024

AJI Sayangkan Borgol Polisi untuk Pemred Duta Masyarakat

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Saat eksekusi Gedung Astaranawa. Harian Duta Masyarakat berkantor di komplek Gedung Astranawa. Foto: Istimewa

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Surabaya menyayangkan sikap kepolisian yang “mengamankan” dengan memborgol M. Kaiyis Pemimpin Redaksi Harian Duta Masyarakat, saat mencoba menghalangi eksekusi Gedung Astranawa, Rabu (13/11/2019).

AJI menilai apa yang dilakukan Kaiyis tidak lebih untuk melindungi kinerja jurnalistik Duta Masyarakat yang berada di gedung Astranawa. Seharusnya, aparat yang bertugas memahami hal itu dan tidak melakukan hal yang berlebihan dengan memborgolnya. Pemborgolan yang dilakukan aparat menunjukkan sikap represif kepada Kayis baik sebagai jurnalis maupun masyarakat.

Dengan tidak terbitnya Harian Duta Masyarakat dalam waktu yang tidak ditentukan membuat masyarakat kehilangan hak untuk informasi. Kronologi kejadian berawal dari Kayis yang meminta aparat untuk tidak melakukan eksekusi terhadap kantor Duta Masyarakat yang satu kompleks dengan Astranawa.

Selama dua jam, Kaiyis diamankan di Polrestabes Surabaya dan akhir dipindahkan ke Polsek Gayungan. Saat di Polsek Gayungan Kaiyis sempat meminta izin untuk mengamankan komputer dan sistem jaringan yang ada di kantor Duta.

Kaiyis meminta izin, karena memindahkan jaringan internal di kantor Duta tak mudah. Imbasnya, Harian Duta Masyarakat tidak bisa terbit dalam waktu yang tidak ditentukan.

Terkait hal ini, AJI Surabaya melalui edaran persnya menyampaikan sikap:

1. Menuntut kepolisian meminta maaf atas tindakan yang berlebihan dengan memborgol saudara Kaiyis.

2. Meminta kepada Kapolrestabes Surabaya untuk menindak anggotanya yang bersikap secara berlebihan dalam menangani peristiwa eksekusi gedung Astranawa.

3. Meminta kepada siapapun untuk menjaga marwah kebebasan pers, demi jaminan hak informasi publik.

4. AJI Surabaya bersolidaritas kepada seluruh awak Duta Masyarakat yang sampai saat ini berusaha memulihkan kembali aktivitas keredaksiannya.(iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
26o
Kurs