Selasa, 7 Mei 2024

Abu Bakar Ba’asyir Segera Bebas

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Abu Bakar Baasyir segera dibebaskan dari LP Teroris Gunung Sindur, Bogor. Foto: Istimewa.

Yusril Ihza Mahendra Ketua Umum Partai Bulan Bintang yang juga Penasehat Hukum Jokowi Ma’ruf Amin berhasil meyakinkan Joko Widodo Presiden untuk membebaskan Ustadz Abu Bakar Ba’asyir dari LP Teroris Gunung Sindur, Bogor.

Menurut Yusril, Abu Bakar Ba’asyir sudah mendekam dalam LP selama sembilan tahun dari pidana lima belas tahun yang dijatuhkan kepadanya. Sudah saatnya Ba’asyir menjalani pembebasan tanpa syarat-syarat yang memberatkan.

“Jokowi berpendapat bahwa Ba’asyir harus dibebaskan karena pertimbangan kemanusiaan,” ujar Yusrildlam keterangan tertulisnya, Jumat (18/1/2019).

Kata dia, Baasyir kini telah berusia 81 tahun dan dalam kondisi kesehatan yang makin menurun.

“Jokowi menegaskan kepada saya bahwa beliau sangat prihatin dengan keadaan Ustadz Abu Bakar Ba’asyir, dan karena itu memintanya untuk menelaah, berdialog dan bertemu Abubakar Ba’asyir di LP Gunung Sindur,”jelasnya.

Menurut Yusril, semua pembicaraannya dengan Ba’asyir dilaporkan ke Jokowi, sehingga Presiden yakin bahwa cukup alasan untuk membebaskan Baasyir dari penjara.

“Saya sangat menghormati para ulama. Saya tidak ingin ada ulama yang berlama-lama berada dalam lembaga pemasyarakatan” kata Yusril.

Karena itu, kata Yusril, Jokowi segera memerintahkan jajarannya untuk membebaskan Ba’asyir.

Dia menjelaskan, pembebasan Ba’asyir akan dilakukan secepatnya sambil membereskan administrasi pidananya di LP. Ba’asyir sendiri meminta waktu setidaknya tiga hari untuk membereskan barang-barangnya yang ada di sel penjara. Setelah bebas, Ba’asyir akan pulang ke Solo dan akan tinggal di rumah Abdul Rahim, anaknya.

Yusril menjelaskan, Ustadz Abu Bakar Ba’asyir mengucapkan rasa syukur ke hadirat Allah atas pembebasannya ini dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah mengambil inisiatif pembebasan dirinya.

Kepada juru rawat yang memeriksa kakinya yang sakit, Ba’asyir mengatakan “Pak Yusril ini saya kenal sejak lama. Beliau ini orang berani, sehingga banyak yang memusuhinya. Tetapi saya tahu, beliau menempuh jalan yang benar” kata Ba’asyir.

Yusril datang ke LP Gunung Sindur ditemani Yusron Ihza dan Afriansyah Noor Sekjen Partai Bulan Bintang. Ia didaulat untuk menjadi imam dan khatib Jum’at di Masjid LP.

Keluarga Ustadz Abu Bakar Ba’asyir juga datang dari Solo. Hadir pula Achmad Michdan pengacara Abu Bakar Ba’asyir, yang turut bersyukur atas bebasnya Ba’asyir.(faz/wil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
28o
Kurs