Senin, 6 Mei 2024

Accounting Paper Competition 2019 Ajak Milenial Berpendapat

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Suasana kompetisi yang digelar STIE Perbanas Surabaya. Foto: Istimewa

Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi (HMJA) STIE Perbanas Surabaya, Sabtu (19/1/2019) gelar Accounting Paper Competition (APC) 2019.

Kompetisi diikuti 60 tim dari kelompok pelajar ditingkat SMA maupun perguruan tinggi se Jawa Timur, yang mewajibkan peserta menuangkan ide-ide dan gagasannya untuk memajukan perekonomian bangsa indonesia.

Rizal Efendi Manajer HMJA STIE Perbanas Surabaya, mengatakan bahwa kompetisi ini selain menyalurkan gagasan anak muda, juga untuk menjalin kerja sama antar mahasiswa lintas perguruan tinggi.

“Kompetisi akuntansi ini berbeda dengan konsep kompetisi tahun sebelumnya. Kalau sebelumnya hanya diperuntukkan mahasiswa, tahun ini kompetisi juga digelar untuk pelajar SMA dan SMK,” terang Rizal Efendi.

Setiap peserta, lanjut Rizal harus melewati babak penyisihan terlebih dahulu sebelum masuk babak final. Tahap penyisian, setiap tim yang terdiri dari 3 anggota mengirimkan paper ke STIE Perbanas Surabaya untuk di review.

Selanjutnya, paper yang lolos babak final harus memenuhi syarat dan selaras dengan tema yang ditentukan: Keberadaan Teknologi Big Data Menjadi Peluang dan Tantangan bagi Profesi Akuntansi.

“Dari semua tim yang masuk, dipiih 10 tim dari perguruan tinggi dan 10 tim dari SMA serta SMK untuk masuk di babak final. Pada babak final ini mereka harus mempresentasikan papernya masing-masing,” tegas Rizal.

Juara pada kompetisi ini selain menerima sertifikat atau piala juga disediakan uang tunai.

Isti Wahyuningsih peserta tingkat mahasiswa dari Universitas Surabaya mengaku tertarik dengan kompetisi ini, lantaran menantang sekaligus asyik, karena menuntut peserta berani berargumen atau berpendapat.

Dengan paper berjudul Keputusan Strategis berdasarkan Analisa Data dari Persepsi Akuntansi Isti bersama kedua rekannya menyampaikan bahwa tidak ada persiapan secara khusus mengikuti kompetisi.

“Kami berharap, pada kompetisi kedepan nanti, referensi yang dilombakan bisa disampaikan terlebih dahulu. Agar persiapankami para peserta lebihmatang,” pungkas Isti, Sabtu (19/1/2019).(tok/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
24o
Kurs