Sabtu, 20 April 2024

Ada Fenomena Cuaca Ini, BNPB Imbau Masyarakat Waspada Banjir dan Longsor

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Sutopo Purwo Nugroho Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Penanggulangan Bencana (BNPB). Foto: Antara

Sutopo Purwo Nugroho Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan menghadapi banjir, longsor dan puting beliung.

“Aktivitas Madden Julian Oscillation di Samudera Hindia telah menyebabkan curah hujan tinggi di kawasan Indonesia,” kata Sutopo dilansir Antara, Kamis (7/3/2019).

Madden Julian Oscillation adalah fenomena gelombang atmosfer yang bergerak merambat dari Samudera Hindia di sebelah Barat ke arah Timur dengan membawa massa udara basah.

Aliran massa udara basah tersebut meningkatkan peluang curah hujan di wilayah yang dilalui. Fenomena tersebut dapat bertahan hingga satu minggu.

“Selain itu, juga ada sirkulasi siklonik di Samudera Hindia sebelah Barat Sumatera yang membentuk daerah pertemuan angin cukup konsisten di wilayah Sumatera, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Jawa menyebabkan curah hujan meningkat,” jelasnya.

Sutopo mengatakan, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah menyampaikan fenomena tersebut dan prakiraan hujan berpotensi tinggi untuk daerah-daerah di Indonesia kepada masyarakat luas.

Peluang curah hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi masih berpeluang terjadi di beberapa wilayah Indonesia.

“Wilayah yang mungkin mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi adalah Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua dan Papua Barat,” katanya. (ant/ang)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
29o
Kurs