Kamis, 18 April 2024

Ada Makanan Gratis di PSU Rungkut Menanggal Harapan

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Warga yang sudah mencoblos dalam pemungutan suara ulang di TPS 28 Kelurahan Rungkut Menanggal Harapan, Gunung Anyar, Sabtu (27/4/2019), bisa menikmati makanan dan minuman gratis. Foto: Anggi suarasurabaya.net

TPS 28 Kelurahan Rungkut Menanggal, Kecamatan Gunung Anyar adalah satu dari dau TPS di Surabaya yang harus menggelar pemungutan suara ulang (PSU), Sabtu (27/4/2019). Ada 269 warga dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan 9 orang warga Daftar Pemilih Khusus (DPK) yang harus mencoblos ulang surat suara Pemilihan Presiden, DPR RI, DPRD Jatim, dan DPD.

Kusnan Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Gunung Anyar mengakui, dia tidak terlalu yakin partisipasi pemilih dalam PSU ini bisa lebih tinggi dari pemungutan suara pada 17 April lalu. Sebab pelaksanaan PSU di TPS 28 kali ini memang tidak bertepatan pada hari libur. Sebagian masyarakat pemilik hak suara harus bekerja bekerja. Meski demikian, dia tetap optimistis.

“Belum bisa memprediksikan partisipasinya seperti apa. Karena ini kan juga bertepatan dengan hari kerja dan sudah ketetapan dari KPU. Beda sama yang kemarin. Tapi ini rame, kok, sejak pagi (warga) sudah berdatangan. Bahkan mereka juga support dengan menyediakan aneka makanan dan minuman untuk menyemarakkan PSU ini,” kata dia.

Pantauan suarasurabaya.net, memang sejak pagi tadi, banyak warga setempat turut menyediakan makanan dan minuman untuk para petugas dan pemilih. Usai menggunakan hak suaranya, para pemilih bisa menikmati aneka makanan dan minuman seperti pisang kukus, kacang goreng, es dawet, rujak, dan masih banyak lagi.

Untuk meningkatkan partisipasi pemilih, para petugas PPK, PPS, maupun KPPS, menurut Kusnan, sudah melakukan berbagai persiapan sejak beberapa hari sebelum PSU. Terutama untuk mengajak warganya menyalurkan kembali suaranya di PSU kali ini. Mulai dari sosialisasi door to door, memasang lembar pengumuman, hingga melakukan woro-woro dengan mobil keliling.

Tidak hanya tersedia makanan dan minuman gratis, para pemilih juga dihibur dengan lagu-lagu serta tersedia pula mic dan speaker untuk menyanyi bersama menyemarakkan pelaksanaan PSU di TPS 28 Rungkut Menanggal Harapan. Tujuannya, supaya suasana di TPS itu lebih seru, dan lebih menarik perhatian terutama para pemilik suara.

Kusnan mengatakan, PSU hari ini berjalan sama seperti pemungutan suara pada 17 April lalu. Pemungutan suara yang dibuka sejak pukul 07.00 WIB akan diakhiri pada pukul 13.00 WIB. Dia menargetkan, pascapemungutan suara nanti penghitungan suara akan selesai lebih cepat dari sebelumnya. “Penghitungan suara ditargetkan sebelum jam 21.00 WIB sudah selesai,” ujarnya.(ang/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
33o
Kurs