Rabu, 24 April 2024

Aksi Ribuan Mahasiswa di DPRD Sultra Berakhir Ricuh

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Unjuk rasa berujung ricuh di DPRD Sultra, Kamis (26/9/2019). Foto: Antara

Unjuk rasa yang dilakukan oleh ribuan mahasiswa se-Kota Kendari di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tenggara, berujung ricuh.

Unjuk rasa tersebut sebagai bentuk penyuaraan pandangan mereka terkait Rancangan Undang-undang (RUU) yang dibahas DPR RI.

Awalnya, massa berada di depan kantor DPRD Sultra melakukan aksi orasi. Tuntutan tersebut di antaranya, yakni pencabutan UU KPK, menolak RKHUP dan menolak RUU Pertanahan.

Massa kemudian melemparkan batu dan kayu ke arah gedung DPRD. Abdurrahman Saleh Ketua DPRD Sultra dan Nur Salam Lada Wakil Ketua DPRD Sultra sempat menemui massa dengan naik ke mobil trailer dan turut berorasi di depan gerbang Kantor DPRD Sultra.

Namun massa menuntut untuk masuk ke dalam Kantor DPRD Sultra untuk hearing bersama anggota DPRD. Melihat kondisi tidak memungkinkan dengan massa aksi yang memaksa masuk Ketua dan Wakil Ketua DPRD Sultra kembali masuk ke gedung.

Kericuhan pun tak terhindarkan saat terjadi saling dorong pagar kantor DPRD antarmassa dan pihak keamanan. Kemudian massa melempari barisan polisi yang berada di halaman kantor DPRD dengan kayu dan batu.

Lemparan dari massa dibalas dengan semburan air dari water cannon dan tembakan gas air mata oleh polisi yang akhirnya berhasil memecah belah massa.

Sebagian massa berlari ke pertigaan depan gerbang kantor Wali Kota Kendari dan sebagian berlari menuju simpang empat lampu merah eks MTQ.

Akibat unjuk rasa ricuh ini, kaca kaca kantor DPRD Sultra pecah dan sebagian pagar DPRD Sultra roboh.(ant/tin/rst)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs