Sabtu, 20 April 2024

Aktivitas Warga di Pantai Pangandaran Tidak Terganggu Gempa

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Ilustrasi. Foto: Antara

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 4.9 di laut barat daya Pangandaran, Jawa Barat, tidak mengganggu aktivitas warga maupun wisatawan. Nana Ruhena Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kabupaten Pangandaran mengatakan, pascagempa situasi di pantai tetap tenang seperti biasa.

“Kondisi aman, dan aktivitas warga sudah berjalan seperti biasa kembali,” kata Nana dilansir Antara, Sabtu (27/7/2019).

Hasil laporan dari BMKG, kata dia, telah terjadi gempa bumi tektonik magnitudo 4.9 mengguncang Kabupaten Pangandaran, Sabtu pada pukul 10.44 WIB. Dengan pusat gempa terletak pada koordinat 8.41 lintang selatan (LS)-108.43 bujur timur (BT), tepatnya berada di laut pada jarak 78 kilometer barat daya Pangandaran dengan kedalaman 12 kilometer.

Ia menyampaikan, gempa tersebut merupakan gempa bumi dangkal dengan guncangan cukup terasa pada masyarakat Pangandaran. Namun tidak berpotensi tsunami.

“Gempa mengguncang Pangandaran namun tidak berpotensi tsunami,” katanya.

Ia menyampaikan, tim dari DPKPB Pangandaran telah diterjunkan ke lapangan untuk mengetahui kondisi daerah yang terdampak gempa bumi.

Hasilnya, lanjut dia, tidak ada kerusakan pada bangunan rumah maupun fasilitas umum lainnya, masyarakat pun tetap melakukan aktivitas seperti biasa.

“Berdasarkan pantauan sampai sekarang belum ada kerusakan,” kata Nana Ruhena. (ant/ang)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
32o
Kurs