Jumat, 29 Maret 2024

Almarhumah Ani Yudhoyono Dimakamkan Secara Militer di TMP Kalibata

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Prosesi pemakaman Ani Yudhoyono, istri Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) Presiden keenam RI di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Minggu (2/6/2019). Foto: Faiz suarasurabaya.net

Sejumlah pejabat menghadiri pemakaman Ani Yudhoyono, istri Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) Presiden keenam RI di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Minggu (2/6/2019).

Berdasarkan pantauan, jenazah alamarhumah tiba di TMP Kalibata tepat pukul 14.30 WIB. Tampak hadir di antara pelayat, Megawati Soekarnoputri Presiden RI Kelima, BJ Habibie Presiden ketiga RI, dan sejumlah menteri Kabinet Kerja.

Proses pemakaman dilakukan secara militer dengan Joko Widodo (Jokowi) Presiden RI sebagai inspektur upacara.

Dalam proses pemakaman, Jokowi dengan penuh rasa dukacita yang sangat dalam menyatakan segenap rakyat Indonesia berkabung atas wafatnya Ibu Hj. Kristiani Herawati Yudhoyono (Ani Yudhoyono), ibu negara dari Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) Presiden keenam RI.

“Beliau meninggalkan kita semua pada bulan Ramadhan, bulan yang sangat baik, bulan diturunkannya Alquran, bulan yang penuh berkah, penuh ampunan dan penuh rahmat. Beliau meninggalkan kita pada hari-hari Lailatul Qadar. Semoga husnul khotimah,” kata Jokowi.

“Kita bangsa Indonesia sangat kehilangan salah seorang tokoh wanita terbaik, seorang ibu negara yang penuh kasih sayang, pejuang kemanusiaan yang tulus, ibu dari sebuah keluarga panutan yang senantiasa memberi inspirasi dan teladan sebagai seorang ibu, seorang istri, dan ibu negara,” tambahnya.

Pemerintah Indonesia memberikan penghormatan terakhir kepada beliau sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan negara dan pemerintah atas jasa, darma bakti, serta pengabdian almarhumah kepada bangsa dan negara semasa hidupnya.

Menurut Jokowi, sepanjang hayat ibu negara kelahiran 6 Juli 1952 tersebut telah diabdikan untuk kepentingan bangsa dan negara. “Almarhumah adalah istri yang sangat setia dalam suka dan duka. Melewati hari-hari yang tidak mudah dan mendampingi Presiden keenam RI, Bapak Soesilo Bambang Yudhoyono, dalam membangun bangsa dan negara yang kita cintai,” ujar Jokowi.

Sesudah Jokowi meyampaikan amanatnya, Agus Harimurti Yudhoyono sebagai perwakilan keluarga menyampaikan terima kasih karena sudah datang atau mengantarkan jenazah di peristirahatan terakhir dan meminta maaf kalau semasa hidup almarhumah ada kesalahan.(faz/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs