Selasa, 7 Mei 2024

Anjing Pelacak Diterjunkan Cari Korban Longsor Gunung Kapur di Jember

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Kawasan pertambangan mangaan (Mn) Gunung Kapur Sadeng di Desa Puger Kulon, Kabupaten Jember, Jawa Timur yang longsor. Foto: Antara

Anjing pelacak dari Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur diterjunkan untuk mencari korban longsor di kawasan pertambangan mangaan (Mn) Gunung Kapur Sadeng di Desa Puger Kulon, Kabupaten Jember, Jawa Timur, pada Rabu (27/3/2019) atau hari ketiga pencarian korban yang tertimbun longsor.

“Ada dua anjing pelacak yang kami turunkan untuk melakukan pencarian korban yang masih tertimbun longsor,” kata Aipda Agos Sugianto Kepala Regu K-9 Polda Jatim di Kabupaten Jember.

Menurutnya tim SAR gabungan membuat biopori, agar ada celah dan rongga-rongga untuk memudahkan anjing pelacak menemukan adanya tanda-tanda korban, namun sejauh ini masih belum ada hasilnya.

“Tadi ada indikasi satu titik, setelah dilakukan pencarian dengan anjing pelacak. Kemudian dilakukan pengerukan bersama dengan tim Basarnas Jember dan SAR lainnya, namun masih belum ditemukan korban pekerja tambang,” tuturnya, seperti dilansir Antara.

Sementara itu, AKP Sudaryanto Kapolsek Puger mengatakan pihaknya mendatangkan dua anjing pelacak K-9 Polda Jatim untuk mempermudah menemukan lokasi korban yang masih tertimbun longsor karena penciuman anjing tersebut cukup tajam.

“Kami berharap dengan bantuan anjing pelacak, korban bisa ditemukan segera karena seluruh pihak yang terlibat yakni Basarnas, Polri, TNI, dan BPBD Jember bekerja maksimal menemukan korban,” katanya.

Ia menjelaskan korban diprediksi berada di sebelah timur lokasi longsir berdasarkan video detik-detik terjadinya longsor yang direkam warga, keterangan sejumlah saksi pekerja, dan kakak kandung korban, sehingga pencarian difokuskan di areal sana.

Gunung Sadeng yang merupakan pegunungan menjadi lokasi penambangan mangaan, batu kapur, dan bahan semen di Kecamatan Puger, Kabupaten Jember tersebut longsor dan kejadian itu terjadi sebelum para pekerja memulai aktivitas kerjanya di penambangan kapur tersebut pada Senin (25/3/2019) pagi.

Seorang pekerja tambang mangaan PT Cahaya Putra bernama Sucipto (45) warga Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember tertimbun longsor di gunung kapur tersebut dan dua pekerja lainnya yakni Ahmed Samosir (25) warga Kabupaten Karawang dan M. Nur Hasan (31) warga Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember mengalami luka-luka yang mendapatkan perawatan intensif di Klinik Graha Puger Sehat. (ant/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
26o
Kurs