Kamis, 18 April 2024

Antisipasi Kemacetan Malam Tahun Baru, Polres Pasuruan Akan Tutup Beberapa Jalur

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Kemacetan arus lalu lintas arah turun dari Prigen, Minggu (22/12/2019). Foto: Mistari via whatsapp SS

31 Desember 2019 mendatangkan, diperkirakan akan menjadi puncak peak season liburan tahun baru. Polres Pasuruan saat ini telah melakukan beberapa upaya pengamanan untuk mengantisipasi kepadatan arus kendaraan yang mengarah ke Batu dengan menerapkan beberapa strategi rekayasa lalu lintas.

“Sifatnya situasional, pada pukul 17.00 sore kita fokuskan untuk naik ke atas (arah Batu). Liat kondisi, kalau memang macet nanti kita tutup,” kata AKP Bayu Halim Kasatlantas Polres Pasuruan.

Selain itu, polisi juga berkoordinasi dengan beberapa pengelola tempat wisata, agar menutup jam operasional lebih awal. Salah satunya Cimory Dairyland and Resto yang terletak di Prigen, Pasuruan.

Seperti yang sebelumnya diinformasikan melalui laman facebook e100, banyak masyarakat yang berbondong-bondong mengunjungi tepat wisata tersebut pada Minggu (29/12/2019) kemarin. Alhasil, lalu lintas Raya Prigen terjadi kemacetan dua arah.

Untuk mengantisipasi adanya kemacetan panjang di sekitar lokasi wisata tersebut, polisi akan menutup jalur Raya Prigen dan memberlakukan jalur satu arah dari Cimory menuju tempat wisata Pintu Langit.

AKP Bayu Halim juga mengimbau, agar masyarakat mewaspadai beberapa jalur menuju Batu, salah satunya Raya Prigen yang menuju lokasi wisata baru.

“Kalau Cimory sudah tidak bisa mengatasi, kita melakukan penutupan. Karena kasian, mobil masuk terus padahal parkiran sudah penuh. Jadi jam 1 siang kita tutup, jam 5 sore kita berlakukan one way mengarah ke Pintu Langit. Jadi sudah tidak ada yang mengarah ke Prigen,” ujarnya.

Namun untuk saat ini, pihaknya menegaskan arus lalu lintas yang mengarah ke Prigen masih cenderung normal. Sedangkan mengenai rekayasa lalu lintas yang akan diberlakukan saat malam Tahun Baru masih dirundingkan.(tin/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
26o
Kurs