Jumat, 3 Mei 2024

Antisipasi Pengamanan Jelang Pelantikan Presiden, Lantamal V Siagakan Pasukan

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Apel Kesiapan Siaga Pengamanan Pelantikan Presiden dan Wapres Lantamal V digelar di Lapangan Markas Pemadam Kebakaran Lantamal V, DBAL, Ujung, Surabaya, Kamis (17/10/2019). Foto: Istimewa

Pangkalan Utama TNI AL V (Lantamal V) menyiagakan pasukannya, menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada 20 Oktober mendatang. Ini disampaikan Laksamana Pertama TNI Tedjo Sukmono Komandan Lantamal V.

Dalam arahannya, Komandan Lantamal V mengatakan apel kesiapsiagaan Lantamal V ini digelar dalam rangka antisipasi pengamanan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI serta Siaga Penanggulangan Bencana.
.
“Maksud dan tujuan dilaksanakan apel kesiapsiagaan ini adalah untuk mengecek kesiapsiagaan personil dan material di jajaran Lantamal V, dalam rangka mensukseskan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia dapat berjalan dengan aman tertib dan lancar,” kata Tedjo, berdasarkan rilis yang diterima suarasurabaya.net.

Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia, lanjutnya, adalah lambang negara, di dalamnya terdapat kedaulatan negara yang sangat penting.

Hal ini juga berkaitan dengan tugas pokok TNI dalam menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRl yang berdasarkan Pancasila dan undang-undang Dasar 1945 tentang melindungi segenap bangsa dan aseluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

“Untuk pengamanan kesiapsiagaan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Rl ini, Lantamal V telah menyiapkan Satuan Setingkat Kompi pasukan diantaranya Satu Tim Intel dan Tim kesehatan, Pom TNI AL, Yonmarhanlan dan Satsiaga Mako Lantamal V,” jelasnya.

Untuk operasional pelaksanaannya, lanjut dia, Danlantamal V ini akan siaga sebelum, selama dan setelah kegiatan pelantikan serta pengambilan sumpah dan janji presiden dan wakil presiden Rl walaupun wilayah Surabaya ini, terbilang jauh dari ibu kota negara.

Dia berharap, dengan penyiapan Satgaspam Ini, Lantamal V dan jajarannya dapat turut mewujudkan stabilitas keamanan di wilayahnya serta senantiasa memiliki kesiapan, kecepatan bergerak serta profesionalisme prajurit yang handal untuk mampu setiap saat melaksanakan tugas pembantuan tersebut secara berhasil dan berdayaguna.

Sementara itu untuk Satgas Bencana Alam, Tedjo menekankan keapda Satgas untuk tetap menjaga komunikasi, kordinasi koordinasi dan kerjasama yang terintegrasi dengan berbagai pihak seperti dengan sektor kesehatan, sosial, pekerjaan umum, perhubungan dan lain-lain yang kesemuanya sektor tersebut memiliki tanggung jawab masing-masing.

“Kita harus siap untuk sewaktu-waktu bila diminta bantuan untuk menyelamatkan saudara-saudara kita yang mendapat musibah banjir, tanah longsor, angin puting beliung dan lain-lain di wilayah kerja Lantamal V,” pungkasnya.

Apel Kesiapan Siaga Pengamanan Pelantikan Presiden dan Wapres Lantamal V digelar di Lapangan Markas Pemadam Kebakaran Lantamal V, DBAL, Ujung, Surabaya, Kamis (17/10/2019).

Kegiatan itu dihadiri Kolonel Marinir Yasiman Purba Wakil Komandan Lantamal V, para Asisten Danlantamal V, Danpomal, Kakuwil, Kadiskes dan para Kepala Dinas dijajaran Lantamal V lainnya.

Gelaran apel siaga yang dipimpin Letkol Marinir Endrawan Rahmania Danyonmarhanlan V ini, juga sekaligus sebagi Apel Kesiapan Satuan Tugas Bencana Alam Lantamal V. (ang/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
32o
Kurs