Rabu, 24 April 2024

BEM SI Jatim Tuntut Pemerintah Beri Beasiswa Pendidikan Anak Petugas KPPS yang Meninggal

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Aksi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia Jawa Timur (BEM SI Jatim). Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia Jawa Timur (BEM SI Jatim) menuntut pemerintah agar memberikan beasiswa pendidikan bagi anak petugas KPPS yang meninggal dunia. Aksi ini dilakukan di depan Kantor Gubernur Jatim Jl. Pahlawan Surabaya, Selasa (21/5/2019).

Agung Tri Putra perwakilan BEM SI Jatim mengatakan, kematian 500 lebih petugas KPPS yang ada bukanlah sebuah hal yang bisa dianggap wajar dan hanya diselesaikan dengan sebutan Pahlawan Demokrasi.

“Itu juga manusia, harus dipenuhi hak-haknya. Kalau sebagai pahlawan demokrasi, kenapa harus mati? Kalau gini kan bukan pesta demokrasi, tapi pesta kematian,” ujar Agung Tri pada Selasa (21/5/2019).

Ia meminta agar pemerintah bisa mengusut kematian para petugas KPPS ini dan juga memberikan santunan serta beasiswa bagi anak-anak petugas KPPS yang meninggal dunia secara nasional.

“Ini tragedi nasional loh. Ini kesalahan sistem dari pemerintah,” katanya.

BEM SI Jatim menilai, sistem pemilu yang menggabungkan Pilpres dan Pileg menjadi satu, membuat sistem kerja petugas KPPS yang berat. Ia menyebut, hal ini melanggar konsep bekerja yang sudah disepakati 8 jam kerja, 8 jam istirahat, dan 8 jam rekreasi.

“Ini bisa seharian, 24 jam, bisa lebih. Hanya untuk mengawal keberhasilan pemilu saja,” pungkasnya. (bas/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
26o
Kurs