Selasa, 23 April 2024

BMKG Imbau Warga Pesisir Jatim Waspadai Gelombang Tinggi

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ilustrasi. Grafis: suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim Perak Surabaya mengimbau mulai Minggu (27/1/2019) besok, masyarakat pesisir Jawa Timur mewaspadai gelombang tinggi lebih dari 3 meter.

Beberapa wilayah yang harus diwaspadai diantaranya Laut Jawa bagian Timur, Perairan Kepulauan Masalembu, Perairan Bawean, Kepulauan Kangean, Perairan Utara dan selatan Jawa Timur serta Samudra Hindia Selatan Jatim.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima suarasurabaya.net, Sabtu (26/1/2019), ketinggian gelombang di Selat Madura antara 0,8 – 2,5 meter. Sedangkan ketinggian gelombang di Luat Jawa bagian timur antara 1,5 – 3,5 meter dan Samudra Hindia selatan Jatim antara 2 – 5 meter.

Selain gelombang tinggi, curah hujan di Jawa Timur juga mengalami peningkatan. BMKG mengimbau agar masyarakat mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang. Angin kencang terjadi sesaat pada siang hingga dini hari.

Sedangkan untuk arah angin berhembus dari barat daya menuju barat laut. Kecepatan angin mencapai 30 knots (56 km/jam) di Luat Jawa, serta 32 knots (59 km/jam) di Samudera Hindia.(tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
32o
Kurs