Kamis, 2 Mei 2024

BNPB Salurkan Dana Rp1,15 Miliar untuk Tanggap Darurat Banjir Sulsel

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Warga berada di samping sebuah rumah yang akan terbawa arus aliran sungai Jeneberang yang meluap di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Selasa (22/1/2019). Meluapnya sungai Jeneberang akibat curah hujan yang tinggi membuat sejumlah daerah di Kabupaten Gowa terendam banjir. Foto: Antara

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan bantuan dana siap pakai sebesar Rp1,15 miliar kepada Pemprov Sulawesi Selatan yang diterima langsung HM Nurdin Abdullah (NA) Gubernur Sulsel di Kantor Gubernur Sulsel, Makassar, Kamis (24/1/2019).

Bantuan yang diberikan langsung oleh Doni Monardo Kepala BNPB itu berupa bantuan dana siap pakai untuk operasional tanggap darurat bencana banjir dan longsor untuk BPBD Provinsi Sulsel, BPBD Kabupaten Gowa, BPBD Kabupaten Jeneponto, BPBD Maros dan BPBD Makassar tahun 2019.

“Kami kemarin kewalahan karena ada jembatan terputus,” kata Nurdin Abdullah Gubernur Sulsel usai menerima bantuan tersebut seperti dilansir Antara.

Selain dana siap pakai, BNPB juga memberikan bantuan paket logistik BNPB Bencana Banjir Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2019 berupa, tenda gulung 250 lembar, sandang 425 paket, selimut 560 lembar, paket perlengkapan keluarga 100 paket.

Selanjutnya perlengkapan bayi 202 paket, matras 240 lembar, kantong mayat 30 lembar, karung pasir 300 lembar, makanan siap saji 540 paket, lauk pauk 714 paket, makanan tambahan gizi 690 paket. Adapun total bantuan logistik bagi korban banjir Sulsel itu senilai Rp828 juta.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Sulawesi Selatan menyampaikan kondisi terkini terkait bencana banjir dn longsor di wilayahnya, termasuk kondisi level air yang sudah menurun, masalah pendangkalan, masalah tambang galian pasir, serta kondisi yang dialami petugas di lapangan. (ant/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
27o
Kurs