Minggu, 12 Mei 2024

BNSP Berikan Hibah untuk Lembaga Sertifikasi Profesi Unnar

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Sertifikasi profesi dilaksanakan LSP Narotama. Foto: Humas Unnar

Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Universitas Narotama (Unnar) Surabaya kembali mendapatkan hibah penyelenggaraan dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) untuk kesekiankalinya.

LSP yang sudah berdiri sejak 2014 itu sudah dua tahun berturut-turut mendapatkan hibah dari BNSP. Hibah dari BNSP tersebut tentu sangat membantu untuk pelaksanaan ujian sertifikasi profesi yang dilakukan LSP Narotama.

Menurut Natalia Damastuti, S.T.,M.T, Direktur LSP Narotama, hibah tersebut berhasil didapatkan LSP Narotama karena beberapa keunggulan yang dimiliki LSP Narotama sendiri. Keunggulan itu diantaranya adalah LSP Narotama memiliki 25 skema sertifikasi profesi untuk 5 fakultas yang ada di Universitas Narotama dengan 52 asesor internal maupun eksternal.

LSP Narotama juga termasuk kelompok atau organisasi yang dalam penilaian BNSP merupakan lembaga yang selalu update laporan kegiatan di laman website BNSP.

“Sertifikat kompetensi sebagai pendamping ijazah sudah diatur dalam peraturan pemerintah sejak 2014. Setiap lulusan wajib memiliki ijazah, transkrip, dan sertifikat kompetensi. Itu juga latar belakang Universitas Narotama membentuk LSP di bawah BNSP,” terang Lia sapaan Natalia Darmastuti.

Sertifikat kompetensi yang didapatkan mahasiswa dari LSP Narotama tidak hanya bisa digunakan sebagai pendukung ijazah untuk melamar pekerjaan di dalam negeri, tapi juga bisa digunakan untuk melamar pekerjaan di negara se Asean.

“Karena sudah ada perjanjian di tingkat Asean yang terangkum dalam Mutual Recognition Arrangement (MRA), sehingga sertifikat itu diakui untuk melamar pekerjaan di sejumlah negara Asean,” papar Lia yang juga dosen Fakultas Ilmu Komputer Unnar itu.

Lebih lanjut Lia menjelaskan, 25 skema yang dimiliki LSP Narotama itu terdiri atas 5 skema untuk Fakultas Teknik, 2 skema Fakultas Hukum, dan masing-masing 9 skema untuk Fakultas Ilmu Komputer dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

“Setiap tahun kami selalu memiliki target untuk menambah skema sesuai dengan kebutuhan industri dan capaian program studi. Sehingga diharapkan dapat menjamin mutu lulusan karena mereka sudah memiliki kompetensi sesuai bidangnya,” pungkas Lia, Selasa (25/6/2019).

Selanjutnya, masih kata Lia, bahwa LSP Narotama akan menargetkan untuk menambah skema bagi para mahasiswa-mahasiswa Pascasarjana.(tok/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 12 Mei 2024
29o
Kurs