Kamis, 2 Mei 2024

BPJS Ketenagakerjaan Jatim Kejar Potensi 12,5 Juta Calon Peserta Pelaku UMKM

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Dodo Suharto Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Jawa Timur. Foto: Dok/Denza suarasurabaya.net.

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan sedang berupaya mengejar 12,5 juta pelaku usaha kecil dan mikro (UMKM) di Jawa Timur yang berpotensi jadi peserta.

Sampai sekarang total peserta BPJS Ketenagakerjaan di Jawa Timur hampir mencapai 3 juta tenaga kerja. Sebagian besar merupakan tenaga kerja formal mencapai 80-90 persen.

Dodo Suharto Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Jawa Timur mengatakan, peserta dari sektor non formal memang baru 5-10 persen dari total peserta yang ada di Jatim.

“Kami coba kolaborasi dengan Dinas UMKM untuk sektor non formal dan mikro. Bulan-bulan depan kami FGD dengan Dinas UMKM. Potensinya cukup besar UMKM itu, 12,5 juta,” katanya, Kamis (12/9/2019).

Demi menjaring lebih banyak peserta dan memastikan keberlanjutan pembayaran iuran, BPJS Ketenagakerjaan sudah berkolaborasi dengan perusahaan e-commerce.

Salah satunya dengan Bukalapak. Dodo mengatakan, pendaftaran peserta baru dan pembayaran iuran sudah bisa dilakukan di aplikasi itu. Selain itu juga dengan Go-Jek. Pembayaran bisa dilakukan dengan Go-Pay.

“Supaya sustainability pembayaran iuran bisa bagus. Jadi semua melalui aplikasi,” kata Dodo.(den/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
32o
Kurs