Kamis, 25 April 2024

Bareskrim Polri Akan Periksa Andi Arief Tentang Hoax Tujuh Kontainer Surat Suara

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Komjen Arief Sulistyanto Kabareskrim (kiri kemeja putih) dan Tjahjo Kumolo Mendagri (kanan) memberikan keterangan terkait isu hoax kontainer isi surat suara tercoblos, Kamis (3/1/2019), di Kantor Bareskrim, Jakarta Pusat. Foto: Farid suarasurabaya.net

Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri sudah menerima sejumlah laporan dugaan penyebaran kabar hoaks tentang masuknya tujuh kontainer dari China yang berisi surat suara Pemilu 2019, Kamis (3/1/2019).

Pesan suara dan teks yang beredar di media sosial itu menyebut ada 70 ribu surat suara di dalam kontainer yang kondisinya sudah tercoblos di kolom pasangan calon presiden nomor 01 (Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin).

Merespon laporan yang masuk, Komisaris Jenderal Polisi Arief Sulistyanto Kabareskrim menegaskan akan segera menindaklanjuti dan memanggil pihak-pihak yang diduga berperan, baik membuat maupun menyebarkan.

Satu di antara pihak yang akan dipanggil untuk dimintai keterangan adalah Andi Arief Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat. Kabareskrim menegaskan, Polri berkewajiban membereskan berbagai hal yang berpotensi mengacaukan pelaksanaan Pemilu.

“Proses hukum tetap berjalan sesuai mekanisme. Pastinya, segala tindakan yang membuat kekacauan dan gangguan terhadap Pemilu akan kami selesaikan. Siapa pun yang berkaitan dengan masalah ini akan kami mintai keterangan,” ujar Komjen Arief Sulistyanto, Kamis (3/1/2019), di Kantor Bareskrim, Jakarta Pusat.

Di tempat yang sama, Tjahjo Kumolo Menteri Dalam Negeri menyatakan dukungan kepada Bareskrim Polri untuk mengusut tuntas kasus penyebaran berita bohong kontainer asal China berisi surat suara yang sudah tercoblos.

Selain itu, Tjahjo juga meminta Polri menangkap dan memproses hukum pihak yang menyebarkan berita bohong yang tersebar di media sosial tentang adanya 31 juta data pemilih siluman.

Sekadar diketahui, Pimpinan Komisi Pemilihan Umum (KPU), kemarin malam, Rabu (2/1/2019), dibuat pusing karena isu yang sempat disebarkan Andi Arief Wasekjen Partai Demokrat melalui akun Twitter-nya.

Sesudah Pimpinan KPU dan Bawaslu mengecek Kantor Bea Cukai Tanjung Priok, Jakarta Utara, ternyata tidak ada kontainer dari China yang berisi surat suara Pemilu 2019. (rid/dim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs