Kamis, 25 April 2024

Bendera Merah Putih Selimuti Tugu Pahlawan di Peringatan Sumpah Pemuda

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Sebanyak 3.300 pelajar di Kota Surabaya siap membentangkan Bendera Merah Putih sepanjang 2.000 meter, usai pengucapan sumpah yang dipimpin oleh Tri Rismaharini Walikota Surabaya di area Tugu Pahlawan, Sabtu (26/10/2019). Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Bendera Merah Putih sepanjang 2.000 meter “menyelimuti” kawasan Tugu Pahlawan, Surabaya di peringatan Hari Sumpah Pemuda pada Sabtu (26/10/2019). Bendera ini dibentangkan oleh Paskibra dan 3.300 pelajar di Kota Surabaya.

Pembentangan bendera ribuan meter ini menjadi bagian dari upacara Sumpah Merah Putih yang digelar dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Sebelumnya, di dalam area Tugu Pahlawan, ribuan warga Surabaya berkumpul dengan memakai pakaian adat dari berbagai wilayah di Indonesia. Mereka membacakan Sumpah Pemuda, yang setelah itu, dilanjut dengan pengibaran Bendera Merah Putih oleh tiga Paskibra Surabaya.

Selain itu, ada pula tarian kolosal dan pengibaran panji-panji beragam warna serta pembacaan puisi bertema persatuan oleh seorang siswa Surabaya.


Tarian kolosal yang menyemarakkan upacara Hari Sumpah Pemuda di Tugu Pahlawan, Surabaya. Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Dalam acara ini, hadir pula Tri Rismaharini Walikota Surabaya dan jajaran Forkompimda Surabaya. Usai siswa tersebut membacakan puisi, Risma dan jajaran ikut naik panggung dan memimpin pembacaan Sumpah Merah Putih.

“Sumpah Merah Putih, kami arek Suroboyo, yang berdiri di Bumi Pahlawan ini, siap menyatukan semangat dan tekad bahwa kami arek-arek Suroboyo adalah penerusmu. Bahwa kami arek-arek Suroboyo adalah pewarismu. Yang tak sedikitpun luntur darah merah keberanianmu. Yang tidak sedikitpun goyah kesuciannya dalam mengisi kemerdekaan,” ucap Risma diiringi ribuan orang yang hadir.

“Biarpun bulan, bintang, dan matahari mengoyak langit, kami bersumpah Pancasila, sebagai dasar negara Republik Indonesia. Tak sebilah pedang yang tajam membelah dadaku. Kami yang beraneka budaya bertekad, beragam budaya dalam tunggal ika. Di bawah kibaran satu bendera, Bendera Merah Putih. Merdeka! Merdeka! Merdeka!” teriaknya.

Usai memimpin pembacaan Sumpah Merah Putih, Risma secara simbolis menyerahkan bendera merah putih ribuan meter tersebut kepada paskibra. Bendera ini kemudian dibentangkan mengitari Tugu Pahlawan diiringi kelompok drum band berkostum pakaian adat. (bas/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs