Kamis, 16 Mei 2024

Berangkat ke Riau, Presiden Ingin Meninjau Langsung Penanganan Karhutla

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden tiba di Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Senin (16/9/2019). Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden, sore hari ini, Senin (16/9/2019), berangkat ke Provinsi Riau untuk meninjau langsung dan mengkoordinasikan penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Presiden dan rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 pada pukul 17.00 WIB dan tiba di Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau pada pukul 18.28 WIB.

Malam harinya, Jokowi bersama jajaran terkait diagendakan menggelar rapat terbatas mengenai karhutla.

Beberapa waktu lalu, Presiden sudah melakukan Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2019 di Istana Negara, Jakarta.

Dalam rakornas yang berlangsung hari Selasa (6/8/2019), Presiden meminta kepada para aparat untuk bersiaga mulai dari tingkat yang paling bawah dalam rangka mencegah terjadinya kebakaran hutan lebih lanjut.

“Jangan sampai ada yang namanya status siaga darurat. Ada api sekecil apa pun segera selesaikan. Kita ini kan punya infrastruktur organisasi sampai ke bawah. Desa ada Bhabinkamtibmas, Babinsa, ada semuanya. Mestinya begitu muncul kecil sudah ketahuan dulu,” kata Jokowi.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam penerbangan menuju Provinsi Riau antara lain Wiranto Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Agus Gumiwang Kartasasmita Menteri Sosial, Basuki Hadimuljono Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Pramono Anung Sekretaris Kabinet, dan Doni Monardo Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Selain itu, turut menyertai Presiden Heru Budi Hartono Kepala Sekretariat Presiden, Adita Irawati Staf Khusus, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak Komandan Paspampres, dan Brigjen TNI Suharyanto Sekretaris Militer Presiden. (rid/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Kamis, 16 Mei 2024
Kurs