Kamis, 2 Mei 2024

Berdayakan Disabilitas Lewat Pelatihan Kerja Non-Formal

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Pelatihan kerja penyandang disabilitas di Gedung BK3S, Surabaya pada Kamis (14/3/2019). Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Sekitar 120-an penyandang disabilitas mengikuti pelatihan kerja di Gedung BK3S, Surabaya pada Kamis (14/3/2019). Penyuluhan yang digelar di Surabaya ini merupakan bagian dari pelatihan keterampilan kerja Disabilitas yang digelar di 10 kota oleh Thisable Enterprise.

Khusus di Surabaya, ada tiga macam pelatihan kerja yang diajarkan, yaitu keterampilan pijat, jasa kebersihan, dan cuci mobil. Pelatihan ini diberikan secara gratis dan bertujuan agar penyandang disabilitas siap menghadapi inklusifitas pekerjaan yang dibutuhkan saat ini.

Jonna Damanik Disability Specialist Associated Thisable mengatakan, penyandang disabilitas harus mulai memiliki pola pikir untuk keluar dari zona nyaman yang ada. Ia beranggapan, zona nyaman berpotensi untuk menahan perkembangan mental penyandang disabilitas.

“Keluar dari zona nyaman yang sebenarnya memblocking mental kalian (penyandang disabilitas, red). Ayolah keluar dengan semangat untuk berdaya,” ujar Jonna ketika ditemui di lokasi pada Kamis (14/3/2019).

Ia mengajak, agar para penyandang disabilitas bisa melihat potensi yang dimiliki sekecil apapun itu. Ia juga berpesan, kepada penyandang disabilitas lain yang sudah mendapat pekerjaan, agar bekerja sebaik mungkin dan menjadi Duta Disabilitas di perusahaan tempatnya bekerja.

“Untuk teman-teman yang ter-placement, yang sudah ada pekerjaan, kalau kalian gagal, teman-teman kalian gak bisa mengakses itu. Jadilah duta disabilitas yang baik,” katanya.

Sebagai informasi, Thisable Enterprise adalah sebuah social enterprise di bidang employment service yang didirikan pada tahun 2011 untuk memberdayakan penyandang disabilitas secara ekonomi dengan membantu mereka memperoleh pekerjaan. Organisasi ini didirikan oleh Angkie Yudistira yang juga penyandang disabilitas tuli. (bas/tin/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
26o
Kurs